Menu

Mode Gelap
Puluhan Warga Terjangkit DBD, 1 Pasien Meninggal Dunia Kang Giri Spontan Selamatkan Warga yang Terjatuh Di Jalanan Tak Ada Kesengajaan, ABK Penangkap Lumba-lumba Dipulangkan Jaring Ikan Lumba-lumba, ABK Kapal Diperiksa Polisi Polda Jatim Antar Jenazah PMI Korban Kapal Tenggelam Malaysia ke Rumah Duka

Madiun · 21 Des 2021 11:06 WIB ·

300 Jiwa di Desa Suluk Bisa Nikmati Air Bersih Berkat Program SPAM dari Dinas PU Kabupaten Madiun 


 300 Jiwa di Desa Suluk Bisa Nikmati Air Bersih Berkat Program SPAM dari Dinas PU Kabupaten Madiun  Perbesar

FOTO : Program SPAM dari Dinas PU Kabupaten Madiun di Desa Suluk, Kecamatan Dolopo. 

LINTAS7.NET, MADIUN – Air menjadi kebutuhan utama masyarakat. Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Madiun tahun ini telah melaksanakan pembangunan Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM) di tujuh desa tahun ini.

Satu di antara lokasi pembangunan SPAM yang dilaksanakan Dinas PU Kabupaten Madiun adalah di Desa Suluk, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun.

“Program pembangunan SPAM ini merupakan tindak lanjut dari program Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat, atau dikenal dengan sebutan PAMSIMAS dar Dirjen Cipta Karya,” kata Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kabupaten Madiun, Boby Saktia Putra Lubis, ST saat ditemui, Jumat (17/12/2021) siang.

Ia mengatakan, pembangunan SPAM di Desa Suluk dibangun menggunakan dana yang bersumber dari DAK Tahun 2021 dengan nilai Rp 636 juta. Pengerjaannya dimulai pada September dan selesai pada November 2021.

Boby menjelaskan pembangunan SPAM meliputi pengeboran air, pemasangan pipa distribusi dari dalam tanah, hingga sambungan ke rumah-rumah warga.

Sebelumnya, lanjut Boby, juga sudah dilakukan uji klinis di laboratorium untuk mengetahui kelayakan air minum sesuai dengan Permenkes.

Sementara itu, Sekretaris Desa Suluk, Agus mengatakan, pembangunan SPAM di desanya sangat membantu sekali warga. Sebab selama ini warga mengandalkan sumber air yang diambil dari Kecamatan Ngebel, Ponorogo.

Kini, dengan adanya SPAM di desanya ada 102 KK yang bisa menikmati air bersih yang lebih higienis untuk konsumsi sehari-hari.

“Kalau jumlah KK yang terbantu ada sekitar 100, kalau jumlah jiwanya sekitar 300 jiwa. Warga sangat terbantu dengan adanya SPAM ini,” kata Agus. (win/red/adv)

Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Dukung Perekonomian Masyarakat, Bina Marga Dinas PU Kabupaten Madiun Perbaiki Jalan Kincang Batas Magetan 

21 Desember 2021 - 10:59 WIB

Sudah Lama Dinantikan Warga, Dinas PU Kabupaten Madiun Bangun SPAM di Desa Bader 

21 Desember 2021 - 09:18 WIB

Kapolda Jatim Beri Pembekalan Siswa Diktuk Bintara Polri dan Dikmaba TNI AD di SPN Mojokerto

14 Desember 2021 - 23:59 WIB

Kala Kapolda Jatim Bercengkrama dengan Anak-anak di Lokasi Pengungsian Korban Erupsi Semeru

14 Desember 2021 - 23:04 WIB

Bina Marga DPUPR Kabupaten Madiun Pastikan Drainase di Tambak Mas Selesai Tepat Waktu 

14 Desember 2021 - 20:45 WIB

Terus Dikembangkan, Keberadaan Kampus UNS di Madiun Diharapkan Mampu Geliatkan Perekonomian Masyarakat

13 Desember 2021 - 21:01 WIB

Trending di Madiun