Menu

Mode Gelap
Konsumsi dan Edarkan Sabu, Pasutri Ini Harus Berpisah dengan Anak Balita Demi Pesta Miras, Pria Madiun Perdaya dan Kuras Uang Tabungan Kekasihnya Jembatan Borang Runtuh Saat Perbaikan, 2 ASN Luka-luka Gapoktan Desa Slambur Ciptakan Pestisida Ramah Lingkungan  Senyum Bahagia Anak Yatim Penyandang Disabilitas Dapat Bantuan Kursi Roda dan Sembako dari Polres Madiun 

Pacitan · 6 Nov 2020 09:35 WIB ·

50 Sekolah Rusak Berat, Bantuan Renovasi Dari APBN di Tarik Imbas Pandemi


 50 Sekolah Rusak Berat, Bantuan Renovasi Dari APBN di Tarik Imbas Pandemi Perbesar

LLINTAS7.NET, PACITAN-Puluhan gedung sekolah SD dan SLTP di Pacitan rusak.Selain termakan usia, sejumlah sekolah rusak di picu bencana alam tanah gerak. Tingkat kerusakan bervariasi, mulai rusak sedang hingga berat.Sayangnya, bantuan renovasi dari pemerintah pusat untuk sejumlah sekolah di batalkan, imbas pandemi covid 19.  Dinas Pendidikan mencatat, ada 50 lembaga sekolah yang akan di prioritaskan untuk mendapatkan bantuan renovasi tahun 2021 mendatang.

“Seperti SDN Sukodono dan SDN ngadirejan itu rusak parah. Sempat ada angggaran dari APBN tapi  di tarik lagi karena Covid-19”. Ungkap kasi sarana prasarana dinas pendidikan kabupaten pacitan.

Meski beberapa sekolah rusak parah, namun dindik mengaku tidak akan melakukan relokasi.Sebab, pengadaan tanah untuk sekolah baru membutuhkan anggaran besar. Dindik akan mengupayakan renovasi dengan memperhatikan struktur tanah yang ada.Terkait sumber dana, pihaknya mengusulkan biaya melalui Dana Alokasi Khusus(DAK) tahun depan.

”Kalau rusak ringan di tangani melalui Dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah,red)” imbuh Wahyono.

Selain sejumlah gedung sekolah yang rusak, pemerintah masih memiliki pekerjaan rumah untuk memperbaiki akses jalan menuju tempat belajar tersebut. Pasalnya, jalan menuju sekolah sekaligus akses warga beraktifitas banyak yang rusak. Hal itu cukup mengganggu siswa menimba ilmu.

”Kalau jalan kewenanganya ada di PUPR”, pungkasnya. (AP)

Artikel ini telah dibaca 113 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Badan Jalan Amblas di Jalur Bandar-Tegalombo Capai Puluhan Meter

8 Desember 2022 - 10:41 WIB

Pertanian Dinilai Masa Depan Ketahanan Pangan

6 Desember 2022 - 19:47 WIB

Pengunjung Goa Gong Tertimpa Atap Gazebo Runtuh

5 Desember 2022 - 20:40 WIB

Jembatan Borang Runtuh Saat Perbaikan, 2 ASN Luka-luka

4 Desember 2022 - 22:54 WIB

Terdakwa Korupsi Serahkan Uang Pengganti Kerugian 146 Juta

3 Desember 2022 - 19:41 WIB

Hanya 3 Jam Pemasangan, Pipanisasi 4,5 Kilometer Bisa Dinikmati Warga

1 Desember 2022 - 22:57 WIB

Trending di Daerah