Menu

Mode Gelap
Kapolda Jatim Sampaikan Permohonan Maaf Atas Tragedi Kanjuruhan Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Kepala KPLP Lapas I Madiun Sampaikan Ini BNPT Pantau Pelaksanaan Program Deradikalisasi Napi Terorisme di Lapas I Madiun  Puluhan Pedagang Pasar Pagotan Ikuti Sosialisasi Pasar Aman dari Bahan Berbahaya  Libatkan Bapas dalam Assessment Napi, ini Alasan Lapas I Madiun 

Daerah · 27 Jul 2022 16:01 WIB ·

Berantas Rokok Ilegal, Petugas Edukasi Pedagang Pasar


 Petugas edukasi pedagang pasar Arjowinangun. (Foto : Lintas7.net). Perbesar

Petugas edukasi pedagang pasar Arjowinangun. (Foto : Lintas7.net).

LINTAS7.NET, PACITAN- Pemerintah Kabupaten Pacitan serius memberantas peredaran rokok ilegal di wilayah setempat. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memaksimalkan sosialisasi kepada masyarakat.

Satuan Polisi Pamong Praja Pacitan bersama petugas Bea dan Cukai Madiun mulai mensosialisasikan larangan peredaran rokok ilegal pada ratusan pedagang di pasar tradisional Arjowinangun, Rabu (27/7) pagi.

Edukasi kepada pedagang secara efektif akan mencegah sekaligus memberantas peredaran rokok tanpa pita cukai tersebut.

“Sosialisasi ini bertujuan agar pedagang tidak menjual rokok ilegal. Kita juga memperkenalkan ke mereka ciri-ciri rokok ilegal. Dan Alhamdulillah para pedagang kooperatif, bersedia bekerjasama dengan kami dalam pemberantasan peredaran rokok ilegal,” kata Faizal Wartomo, Fungsional Pemeriksa Bea dan Cukai Madiun.

Faizal menyebut peredaran rokok ilegal di Pacitan masih terbilang sangat kecil. Akan tetapi pihaknya tidak ingin peluang yang ada itu dimanfaatkan untuk mengedarkan rokok ilegal. Keterlibatan pedagang dan masyarakat diharapkan bisa mencegah jual beli rokok ilegal.

“Secara statistik data kami peredaran rokok ilegal di Pacitan masih relatif kecil dibandingkan daerah lainnya. Namun, kami ingin memastikan ruang peredaran rokok ilegal yang biasa kami temukan rokok polosan itu tertutup,” bebernya.

Kabid Penegakan Perda Satpol PP Pacitan, Priyadi mengatakan sosialisasi tentang larangan rokok ilegal juga menyasar masyarakat lainnya.

“Kemarin kita sudah sosialisasi juga kepada sales rokok, perusahaan jasa penitipisan, travel angkutan barang serta seksi Trantib kecamatan. Sasaran berikutnya petugas penegakan hukum sesuai SK Bupati Pacitan, Kapolsek, Koramil, Babinkamtibmas dan tokoh masyarakat lainnya,” jelas Priyadi.

Edukasi larangan rokok ilegal ini penting supaya masyarakat tidak menjual atau mengedarkan rokok tanpa cukai resmi pemerintah yang bisa berbuah pidana. (Ris/Red).

 

Artikel ini telah dibaca 46 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Ribuan Crosser Padati Wilayah Hukum Polres Pacitan di PAT 75 Kilometer dan 60 Kilometer

26 September 2022 - 12:53 WIB

Saluran Air Meluap, Ruas Jalan Kota Pacitan Dikepung Banjir

26 September 2022 - 12:13 WIB

Kenduri Nasional Malam 1 Abad SH Terate untuk Dunia

1 September 2022 - 20:05 WIB

Pembangunan Jalan Srau – Watukarung Terus Digenjot

28 Agustus 2022 - 19:03 WIB

Target Vaksinasi Booster Mbleset

26 Agustus 2022 - 19:35 WIB

SDN 1 Mangkujayan Jadi Satu-satunya SD yang Lolos 10 Besar FRM

3 Agustus 2022 - 13:48 WIB

Trending di Nasional