Menu

Mode Gelap
Karang Taruna dan Puskesmas Sudimoro Terima Bantuan Mobil Bupati Aji Makam Kyai Ageng Reksogati, Potensi Wisata Religi di Desa Sidomulyo  Empati Bencana Cianjur, SMK PGRI 2 Ponorogo Galang Dana dan Shalat Ghoib Kecelakaan di Madiun, Mahasiswi Asal Ponorogo Meninggal di TKP  Pertemuan Anies dan 3 Partai, Demokrat : Kami Makin Solid

Nasional · 12 Des 2020 11:11 WIB ·

Gandeng Kemenparekraf, Mas Ibas Gelar Bimtek Pengembangan Wisata Minat Khusus di Pacitan


 Gandeng Kemenparekraf, Mas Ibas Gelar Bimtek Pengembangan Wisata Minat Khusus di Pacitan Perbesar

LINTAS7.NET, PACITAN-Anggota DPR RI dapil VII Edhi Baskoro Yudhoyono bersama  Direktorat promosi wisata minat khusus Kementrian pariwisata dan ekonomi kreatif menggelar bimtek pengenalan dan promosi wisata minat khusus di Pacitan,Jum’at (12/12). Tujuan utamanya memberikan wawasan kepada pelaku wisata Pacitan, untuk mengembangkan destinasi wisata minat khusus berkonsep desa wisata.

“Kearifan lokal saat ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi diluar destinasi wisata mainstream” Tutur pakar wisata Totok Yogantoro kepada ratusan pokdarwis, pemuda dan pelaku wisata pacitan.

Menurutnya, pengembangan  desa wisata memerlukan komitmen yang kuat dari masyarakat. Sebab modal itulah, yang akan di pakai sebagai motor penggerak mengeksplorasi potensi di desa untuk jadi obyek wisata yang menarik dan berkelanjutan. Di samping identifikasi potensi wisata desa, masyrakat pelaku wisata perlu memetakan masalah yang dihadapi. Termasuk kebutuhan infrastruktur, promosi dan managemen pengelolaan.

” Badan Usaha Milik Desa bisa mewadahi pengelolaan itu. Termasuk bisa mengakses bantuan anggaran untuk pengembangan desa wisata berbasis minat khusus”. imbuh Totok

Pengembangan destinasi wisata minat khusus tidak boleh berbenturan dengan obyek wisata lain didaerah setempat. Melainkan, harus di bentuk kolaborasi dan integrasi antar obyek wisata.Manfaat terbesarnya menciptakan perputaran ekonomi dari kunjungan wisatawan.

“Peningkatan kapasitas SDM menjadi penting, untuk menciptakan wisata yang berkelanjutan” tandasnya.

Bimtek ini sebagai bentuk kepedulian kemenparekraf dalam memajukan pariwisata Indonesia salah satunya di Pacitan. Tak bisa diabaikan, kota berjuluk 1001 goa ini memiliki banyak peluang untuk berkembang menjadi obyek wisata minat khusus. Salah satu modalnya adalah kearifan masyarakat dan budaya yang dimiliki Pacitan. (AP).

Artikel ini telah dibaca 67 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Ratusan Warga Daftar PPK Pemilu 2024

27 November 2022 - 20:18 WIB

Karang Taruna dan Puskesmas Sudimoro Terima Bantuan Mobil Bupati Aji

26 November 2022 - 20:06 WIB

Alokasi Kursi Dua Dapil di Pacitan Berubah

25 November 2022 - 15:42 WIB

Resmi, Ketroharjo Jadi Desa Baru di Pacitan

24 November 2022 - 21:28 WIB

Polisi Gagalkan Peredaran Narkoba, Tujuh Tersangka Diamankan, 36 Kilogram Sabu dan Puluhan Ribu Ekstasi Disita

23 November 2022 - 21:08 WIB

Keliling Sudimoro, Bupati Aji Kunjungi Korban Tanah Longsor

23 November 2022 - 11:55 WIB

Trending di Nasional