Daerah Pacitan

Kamis, 27 Mei 2021 - 12:08 WIB

4 minggu yang lalu

logo

Gus Lukman Ajak Semua Pihak Dukung Cita-cita Bupati Aji

LINTAS7.NET, PACITAN- Pengasuh Pondok Tremas, KH Lukman Harits Dimyati mengajak semua elemen masyarakat mendukung misi dan cita-cita Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji memajukan kota berjuluk 1001 goa. Utamanya mimpi bupati dalam pengembangan di bidang agama islam.

Gus lukman mengaku sangat tertarik dengan gagasan bupati mendirikan pusat literasi kitab agama islam di Pacitan. Cita-cita bupati yang akrab dengan sapaan Mas Aji itu disebut sebagai penetapan yang positif.

“Sangat menarik, menarik sekali, konon bocoran informasinya ada di (Desa) Semanten nanti, yang notabene Pondok Tremas itu aslinya dari sana,” kata pria yang juga koordinator nasional gerakan ayo mondok pada wartawan Kamis (27/5).

Gus Lukman menambahkan pendirian pusat literasi kitab agama islam di Pacitan sangat tepat. Menurutnya banyak salinan kitab kuno asli yang sampai saat ini masih tersimpan rapi.

“Museum kitab kuning ini khusus Tremas karena transkrip-transkrip kuno itu kita masih punya, Insya Allah,” imbuhnya.

Gus Lukman meminta semua pihak bersama-sama memberikan dukungan pada pemerintah agar keinginan pribadi bupati Aji bisa segera terealisasi.

“Ini sebuah afirmasi pemerintah mengakui kitab kuning yang sekali lagi kitab kuning sudah masuk Undang-Undang Pesantren nomor 18 tahun 2019. Maka ini (mimpi bupati) harus kita dorong bareng-bareng,” tegasnya.

Bupati Aji menyampaikam cita-cita membangun museum kitab agama islam saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi para pengasuh pendidikan pesantren serta penyerahan sejumlah paket bantuan pada Pondok Tremas Kamis (27/5).

“Mimpi lama Saya pribadi yang belum masuk dalam program pemerintah saat ini adalah mendirikan pusat kitab dunia di Pacitan. Mudah-mudahan nanti bisa terelisasi, karena ini belum ada di Indonesia. Jadi nanti museum kitab itu ada kitab kuning dan kitab agama islam lainnya” singkat bupati. (Ris/IS/red)

Artikel ini telah dibaca 184 kali

Baca Lainnya