Menu

Mode Gelap
Tasyakuran 1 Abad NU, Siswa-Siswi MI Mategal Kenduri 100 Nasi Tumpeng   Terciduk Asyik Ngobrol saat Pembekalan, Bupati Madiun Tegur Seorang Perangkat Desa Tergiur Untung 50 Ribu per Gram, Pemuda di Madiun Nekat Edarkan Narkoba Pemkab Madiun Launching SOP Tatalaksana Deteksi Dini Kasus Stunting Pohon Pisang ini Ditanam di Tengah Jalan, Bentuk Protes?

Daerah · 9 Okt 2020 20:18 WIB ·

Jejak Politik Aji dan Yudi Sumbogo, Siapa Unggul?


 Jejak Politik Aji dan Yudi Sumbogo, Siapa Unggul? Perbesar

LINTAS7.NET,Pacitan– Pertarungan merebut kursi Bupati dan Wakil Bupati Pacitan makin terasa. Masing-masing pasangan calon mengerahkan kekuatan untuk meraih kemenangan. Sebelum menjatuhkan pilihan, warga umumnya akan mempertimbangkan banyak aspek. Satu diantaranya adalah rekam jejak. Lalu seperti apa jejak politik kandidat Calon Bupati Pacitan di Pilbup 2020 mendatang?

Fakta yang terlihat nyata adalah jejak pencalonan pada Pemilihan Umum Legislatif. Dimana kandidat calon bupati nomor urut 1 maupun cabup nomor urut 2 sama-sama pernah berkompetisi pada Pemilihan Legislatif tingkat kabupaten. Bedanya, Indrata Nur Bayuaji maju di Dapil Neraka Pacitan-Pringkuku, sedangkan Yudi Sumbogo, bertarung di Arjosari-Tegalombo. 

Aji, sapaan karibnya sukses melenggang ke Parlemen Tingkat II, DPRD Pacitan sejak Tahun 2009. Kemudian kembali terpilih pada Pileg 2014 dan 2019. Prestasi terbaiknya adalah ketika berhasil menjadi pendulang suara tertinggi Partai Demokrat dengan perolehan 6.362 suara di Tahun 2019. 

Sejumlah jabatan strategis di DPRD Pacitan pernah diemban pria yang juga menjabat sebagai Bendahara DPC Partai Demokrat Pacitan ini. Mulai dari Ketua Komisi, Ketua Fraksi Demokrat dan puncaknya menjadi Ketua DPRD Pacitan masa bhakti 2019-2024. 

Berbeda dengan Aji, Calon Bupati Pacitan, Yudi Sumbogo mengikuti proses demokrasi Pemilihan Legislatif perdana di Tahun 2014. Kala itu, Pria yang juga pengusaha ini ditempatkan Indartato, Ketua DPC Demokrat untuk bertarung di Daerah Pemilihan 4, Arjosari-Tegalombo. 

Melalui Partai berlambang bintang mercy, Yudi Sumbogo lolos menjadi Anggota DPRD Pacitan dengan perolehan 2.864 suara. Dan sekitar setahun kemudian, Sumbogo dipinang Indartato sebagai Wakil Bupati yang sekaligus memenangi Pilkada 2015 bersama Partai Demokrat. 

Menilik pada hasil Pileg terakhir masing-masing kandidat Calon Bupati, Indrata Nur Bayuaji lebih unggul dari Yudi Sumbogo. Akan tetapi keunggulan hasil Pileg itu bukan penentu tuggal untuk memastikan kemenangan pada Pemilihan Bupati Wakil Bupati tahun 2020 mendatang. Tentunya, untuk mendapatkan jawaban pasti perlu menunggu proses Pemilihan 9 Desember berakhir.

Fakta lainnya, bahwa Indrata Nur Bayuaji, maju sebagai Calon Bupati Pacitan melalui Partai yang sejak awal membesarkan namanya serta di dukung 12 parpol lain, baik yang memiliki kursi di DPRD maupun yang tidak. Sedangkan Yudi Sumbogo, kini berganti kendaraan politik dan bertarung melalui PDI Perjuangan dan PKB. (IS).

Artikel ini telah dibaca 616 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Bupati Turun ke Jalan Bersama Wartawan, Bagikan Bunga Peringati Hari Pers Nasional

9 Februari 2023 - 13:15 WIB

Buntut Unggahan Viral Yang Diduga Melecehkan, Persatuan Perangkat dan Kepala Desa Ancam Polisikan Oknum Guru di Pacitan

30 Januari 2023 - 12:34 WIB

Mantan Sekda Pacitan Dituntut 2 Tahun Penjara

20 Januari 2023 - 21:18 WIB

Tak Tahu Tempat, Emak-emak Nekad Senam di Area Masjid Apung, Berujung Minta Maaf

19 Januari 2023 - 23:18 WIB

Kunjungi Pelajar Korban HP Meledak, Wabup Bakal Kaji Penggunaan Ponsel di Sekolah

19 Januari 2023 - 22:54 WIB

Cukup di Kecamatan, Kini Urus Adminduk Lebih Mudah dan Hemat

18 Januari 2023 - 21:49 WIB

Trending di Daerah