Menu

Mode Gelap
Puluhan Warga Terjangkit DBD, 1 Pasien Meninggal Dunia Kang Giri Spontan Selamatkan Warga yang Terjatuh Di Jalanan Tak Ada Kesengajaan, ABK Penangkap Lumba-lumba Dipulangkan Jaring Ikan Lumba-lumba, ABK Kapal Diperiksa Polisi Polda Jatim Antar Jenazah PMI Korban Kapal Tenggelam Malaysia ke Rumah Duka

Nasional · 26 Nov 2021 13:47 WIB ·

Kapolda Jatim Gelar Turnamen Pencak Silat, Wadahi Pesilat Remaja


 Kapolda Jatim Gelar Turnamen Pencak Silat, Wadahi Pesilat Remaja Perbesar

LINTAS7.NET, JAWA TIMUR – Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta secara langsung memimpin upacara pembukaan turnamen Pencak Silat Remaja Piala Kapolda Jatim, di gedung Mahameru Mapolda Jatim, Jum’at (26/11/2021).

Digelar selama 4 hari, dari tanggal 26 sampai dengan 29 November 2021. Diikuti 38 kontingen yang terdiri dari 304 pesilat dari berbagai perguruan silat, mewakili Polres Jajaran Polda Jatim mengikuti Turnamen Pencak Silat Remaja Piala Kapolda Jatim. Dari masing-masing Polres jajaran menghadirkan 8 kelas yang sudah melalui pertandingan seleksi tingkat kabupaten/kota di tiap-tiap polres, yang terdiri dari 4 putra dan 4 putri.

Semua kategori tersebut memiliki batasan berat badannya masing-masing. Untuk kategori remaja putra :

Kelas D mulai dari 51kg hingga 55kg.

Kelas E mulai dari 55kg hingga 59kg.

Kelas F mulia dari 59kg hingga 63kg.

Kelas G mulai dsri 63kg hingga 67kg.

Sedangkan kategori remaja putri :

Kelas C mulai dari 47kg hingga 51kg.

Kelas D mulai dari 51kg hingga 55kg.

Kelas E mulai dari 55kg hingga 59kg.

Kelas F mulai dari 59kg hingga 63kg.

Turnamen ini digelar untuk menampung aspirasi perguruan silat yang ada di Jawa Timur sekaligus meminimalisir terjadinya konflik antar perguruan silat, dan mencari pesilat-pesilat yang berprestasi.

Turnamen ini terselenggara berkat kerjasama Polda Jatim dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jawa Timur, dan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

Melalui turnamen ini diharapkan dapat mencari bibit unggul yang dapat mewakili kontingen Jatim dalam cabor pencak silat. Ajang ini juga diharapkan mampu menumbuhkan sportifitas, memperkuat tali silahturahmi dan menghindari konflik antar perguruan pencak silat, serta sebagai sarana olahraga untuk menjaga imunitas di masa pandemi covid-19.

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta mengatakan, tujuan dari terselenggaranya kegiatan ini antara lain adalah untuk mewujudkan sportifitas, jiwa ksatria dan jujur.

“Karena kita ingin mengadakan pertandingan ini untuk sekaligus menjaga kamtibmas. Karena adik-adik mungkin berlatih perlu ada pertandingan menunjukkan prestasi,” ucap Kapolda Jatim.

“Harapannya kalau ada pertandingan-pertandingan maka akan mengurangi tawuran antar adik-adik ini, sehingga ada wadah, menjadi wadah yang baik, wadah yang positif nantinya kalau ada yang berprestasi kami bisa juga nanti menjaring mereka sebagai anggota polisi,” tandasnya.

Kapolda juga berpesan kepada orang tua dan ketua perguruan Pencak Silat, untuk membina adik-adiknya dengan baik, untuk mewujudkan generasi yang tangguh.

“Pesan saya kepada orang tua, tolong kita bina adik-adik ini dan titip juga kepada ketua perguruan pencak silat, titip adik-adiknya dibina dengan baik, sehingga nanti mewujudkan generasi yang tangguh, untuk mewujudkan Jawa Timur yang lebih baik,” pesan Kapolda.

Selain itu, Kapolda juga menyampaikan, kegiatan serupa akan diadakan setiap tahun, bekerja sama dengan IPSI dan Kadispora Jatim, untuk mewujudkan atlet-atlet yang dapat mewakili Jawa Timur pada khususnya dan indonesia pada umumnya, baik di pertandingan nasional maupun internasional.

“Kami bergabung dengan Ketua IPSI Jatim dan Kadispora Provinsi akan kami laksanakan tiap tahun, sehingga akan mewujudkan atlet-atlet yang tangguh, nanti bisa mewakili Jawa Timur, bisa mewakili Indonesia di pertandingan baik nasional maupun internasional,” ujarnya.

“Nantinya di daerah-daerah itu akan diadakan pertandingan juga. Jadi tidak hanya di provinsi, namun juga di Kabupaten/Kota,” tambah Kapolda Jatim usai membuka turnamen piala Kapolda Jatim.

Perlu diketahui, turnamen Pencak Silat Remaja Piala Kapolda Jatim ini sebelumnya telah dilakukan penjaringan di masing masing Polres jajaran 38 kabupaten/kota, sebelum mengikuti turnamen di Mapolda Jatim. (*/win/red)

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Forkopimda Jatim Ikuti Upacara Peringatan Hari Dharma Samudera

16 Januari 2022 - 09:37 WIB

Forkopimda Jatim Dampingi Kunker Wapres di Madura

13 Januari 2022 - 20:58 WIB

Kapolda Jatim Cek Vaksinasi Merdeka Serentak Dengan Target 19.506 Dosis se Jawa Timur

11 Januari 2022 - 16:40 WIB

Pimpin Upacara Serah Terima Empat PJU dan Lima Kapolres Jajaran Polda Jatim, Ini Pesan Irjen Nico

7 Januari 2022 - 20:39 WIB

Interaktif Virtual Forkopimda Jatim Dalam Launching Aplikasi Monitoring Karantina Presisi di Bandara Juanda

7 Januari 2022 - 08:14 WIB

Beras Rusak Bantuan Pemerintah dalam Pantauan Kejaksaan

6 Januari 2022 - 22:35 WIB

Trending di Nasional