Menu

Mode Gelap

Headline · 14 Sep 2021 10:14 WIB

·

Minimalisir Kerumunan, Kantor Imigrasi Kelas II Madiun Luncurkan Inovasi Both Pandemi Paspor 


					Minimalisir Kerumunan, Kantor Imigrasi Kelas II Madiun Luncurkan Inovasi Both Pandemi Paspor  Perbesar

LINTAS7.NET, MADIUN – Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Madiun kembali meluncurkan inovasi terbarunya. Untuk meminimalisir kerumunan di tengah pandemi Covid-19. Inovasi terbaru Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Madiun tersebut diberi nama Booth Pandemi Paspor. Inovasi ini telah dilaunching pada Rabu (8/9/2021).

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Madiun, Adithia Perdana Barus, mengatakan, selain untuk menghindari kerumunan, Both Pandemi Paspor ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik terutama bagi kaum difabel dan anak-anak.

“Latar belakang dibuatnya Booth Pandemi Paspor adalah untuk meminimalisir kerumunan, layanan ramah HAM untuk kaum difabel dan anak-anak serta mengurangi komplain ketidakpastian persyaratan karena pengumpulan berkas pemohon sudah dilakukan secara online,” urai Adhitia.

Adhitia menuturkan, Pandemi Paspor merupakan akronim dari Pelayanan Dokumen Elektronik Mobile Paspor, di mana Booth tersebut sebagai inovasi layanan untuk foto pemohon dan biometrik.

“Pemohon bisa mendaftar dan memilih jadwal untuk wawancara. Wawancara dilakukan secara online menggunakan video call dan direkam sebagai bukti,” jelas Adhitia.

Setelah wawancara, pemohon akan diberikan keleluasaan untuk memilih sendiri jadwal pengambilan data biometrik yakni foto wajah dan sidik jari.

Setelah paspor jadi, petugas akan menginformasikan kepada pemohon dan nantinya dapat diambil secara drive thru atau bisa juga dikirim via pos.

“Pilihan pengambilan paspor ini pun dipilih secara langsung oleh pemohon,” imbuhnya.

Booth Pandemi Paspor diresmikan langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Jatim, Krismono. Staf ahli, Kakanwil dan Kadiv Imigrasi didampingi Kepala Kantor Imigrasi Madiun, berkeliling meninjau booth pelayanan paspor, ruang pojok baca, ruang kompensasi pelayanan serta pojok integritas.

Selain meresmikan Booth Pandemi Paspor, pagi itu juga diresmikan gedung mess pegawai. Peresmian dilakukan oleh Staf Ahli Y. Ambeg Paramarta. Mess pegawai yang berada satu komplek dengan Kantor Imigrasi Kelas II Madiun itu diberi nama Y. Ambeg Paramarta. (di/red/adv)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Polda Jatim Beri Beasiswa dan Angkat Orang Tua Asuh Untuk 7.044 Anak Korban Covid 

17 September 2021 - 16:46 WIB

KAPOLDA APREASIASI VAKSINASI KABUPATEN PONOROGO

17 September 2021 - 15:22 WIB

Ditlantas Polda Jatim Luncurkan Program Satu Polantas Satu Anak Yatim Piatu 

17 September 2021 - 14:56 WIB

Kapolda Jatim Cek Vaksinasi di Gedung Sasana Praja Ponorogo

17 September 2021 - 14:45 WIB

Forkopimda Jatim Sasar Vaksinasi Lansia di Magetan

16 September 2021 - 18:50 WIB

Enam Fraksi DPRD Kabupaten Madiun Soroti Soal Insentif Nakes, Penanganan Covid-19, dan Harga Porang

16 September 2021 - 08:02 WIB

Trending di Madiun