Menu

Mode Gelap
Kemenag Kota Madiun Disorot LSM Garis PAKEM Mandiri Terkait TPG Non PNS Tahun 2018 dan Dugaan Pungli Musrenbang, Lima Sektor Jadi Prioritas RKPD Kabupaten Madiun 2024 Teken Finacial Close Proyek KPBU APJ, Bupati Madiun Ingin Kebijakan Bermanfaat Untuk Masyarakat  Mobil Masuk Jurang, Sopir dan Mantan Kades Dadapan Tewas Pertimbangan Masa Depan, Kasus Pencurian Karburator di Mapolres Madiun Sepakat Selesai dengan Diversi 

Madiun · 3 Nov 2022 10:21 WIB ·

Pendakian Puncak Gunung Wilis, Destinasi Wisata Baru Kabupaten Madiun Yang Menantang Adrenalin 


 Pendakian Puncak Gunung Wilis, Destinasi Wisata Baru Kabupaten Madiun Yang Menantang Adrenalin  Perbesar

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Madiun Anang Sulistijono saat memberangkatkan rombongan ekspedisi Sumpah Pemuda pendakian Puncak Wilis via Kare Kabupaten Madiun, Kamis (27/10/2022)

LINTAS7.NET, MADIUN – Ada yang istimewa pada peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2022 di Kabupaten Madiun. Selain ditunjuk menjadi tuan rumah upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten Madiun melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga juga menggelar peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2022 dengan ekspedisi Sumpah Pemuda pendakian Puncak Wilis via Kare Kabupaten Madiun yang diadakan selama 3 hari, mulai 27-29 Oktober 2022.

Selain memperingati Hari Sumpah Pemuda, ekspedisi tersebut sekaligus untuk mengenalkan sebuah destinasi wisata terbaru yakni pendakian Puncak Gunung Wilis.

Rombongan ekspedisi Sumpah Pemuda pendakian Puncak Wilis via Kare Kabupaten Madiun, diberangkatkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Madiun Anang Sulistijono yang secara langsung hadir pada 27 Oktober 2022.

Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata, Mokh Hamzah Nugrohanto mengatakan, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Madiun mengadakan Expedisi Sumpah Pemuda Pendakian Puncak Wilis. Misi ini dilakukan oleh 25 pemuda yang terdiri dari para pemandu gunung Kabupaten Madiun dan perwakilan-perwakilan para pemandu se-Indonesia, seperti dari Jakarta, Probolinggo, Surabaya, Semarang, Papua, Bali dan Lombok.

Dijelaskan Hamzah, pada hari pertama pendakian atau 27 Oktober 2022, perwakilan para pemandu melakukan pendakian. Di hari kedua, tepat pada Hari Sumpah Pemuda, dilaksanakan upacara sekaligus deklarasi Sumpah Pemuda di Puncak Wilis.

“Setelah itu mereka turun dan tanggal 28 malam kita laksanakan sarasehan dengan peserta kurang lebih 100 orang di basecamp pendakian Wilis via Kare Kabupaten Madiun tepatnya di basecamp Kare Eco Adventure Atau biasa kita sebut KEA,” kata Hamzah.

Sarasehan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda tahun 2022.

Hamzah menambahkan, tujuan ekspedisi Puncak Wilis tersebut selain mengilhami makna Sumpah Pemuda juga sebagai salah satu upaya mengenalkan pendakian puncak gunung Wilis sebagai salah satu dari sekian banyak destinasi wisata yang ada di Kabupaten Madiun.

“Arahan bapak Kepala Disparpora, ekspedisi ini sekaligus sebagai ajang promosi destinasi desa wisata di Kecamatan Kare, yakni pendakian puncak gunung Wilis. Harapannya, geliat sektor pariwisata mampu mendongkrak perekonomian di Kabupaten Madiun,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Kabupaten Madiun dikenal memiliki banyak potensi dan destinasi wisata alam maupun wisata buatan yang sangat disayangkan jika tidak dikunjungi. Ada Umbul Square yang sekarang berubah nama menjadi Madiun Zoo, Monumen kekejaman PKI di Desa Kresek, Waduk Kedungbrubus, Waduk Widas, Wana Wisata Grape, Watu Rumpuk dan masih banyak lagi. (ant/red/adv)

Artikel ini telah dibaca 365 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Kemenag Kota Madiun Disorot LSM Garis PAKEM Mandiri Terkait TPG Non PNS Tahun 2018 dan Dugaan Pungli

22 Maret 2023 - 09:45 WIB

Musrenbang, Lima Sektor Jadi Prioritas RKPD Kabupaten Madiun 2024

21 Maret 2023 - 14:39 WIB

Teken Finacial Close Proyek KPBU APJ, Bupati Madiun Ingin Kebijakan Bermanfaat Untuk Masyarakat 

18 Maret 2023 - 09:44 WIB

Pertimbangan Masa Depan, Kasus Pencurian Karburator di Mapolres Madiun Sepakat Selesai dengan Diversi 

1 Maret 2023 - 14:03 WIB

Terciduk Asyik Ngobrol saat Pembekalan, Bupati Madiun Tegur Seorang Perangkat Desa

31 Januari 2023 - 17:39 WIB

Tergiur Untung 50 Ribu per Gram, Pemuda di Madiun Nekat Edarkan Narkoba

27 Januari 2023 - 21:48 WIB

Trending di Hukum