Menu

Mode Gelap
Puluhan Warga Terjangkit DBD, 1 Pasien Meninggal Dunia Kang Giri Spontan Selamatkan Warga yang Terjatuh Di Jalanan Tak Ada Kesengajaan, ABK Penangkap Lumba-lumba Dipulangkan Jaring Ikan Lumba-lumba, ABK Kapal Diperiksa Polisi Polda Jatim Antar Jenazah PMI Korban Kapal Tenggelam Malaysia ke Rumah Duka

Daerah · 10 Jan 2022 12:25 WIB ·

Tak Ada Kesengajaan, ABK Penangkap Lumba-lumba Dipulangkan


 AKBP. Wiwit Ari Wibisono jelaskan hasil pemeriksaan ABK penangkap lumba-lumba. (Foto : Istimewa). Perbesar

AKBP. Wiwit Ari Wibisono jelaskan hasil pemeriksaan ABK penangkap lumba-lumba. (Foto : Istimewa).

LINTAS7.NET, PACITAN- Kepolisian Resort Pacitan melepas puluhan Anak Buah Kapal (ABK) yang diduga menangkap ikan lumba-lumba di perairan setempat.

Polisi menilai para ABK tidak mempunyai niatan untuk menjaring binatang dilindungi tersebut. 7 ekor lumba-lumba yang berada di atas kapal Restu tak sengaja tersangkut jaring nelayan.

“Dari hasil pemeriksaan 23 ABK semuanya menyatakan atau memberikan keterangan kesaksiannya bahwa lumba-lumba itu tersangkut jaring. Jadi mereka tidak mengetahui kalau jaringnya ada lumba-lumba. Mereka baru mengetahui saat jaringnya diangkat,” kata AKBP. Wiwit Ari Wibisono,

Kapolres Pacitan pada wartawan Senin (10/1) siang.
Kapolres melanjutkan usai dikeluarkan dari jaring, mamalia dilindungi itu ditaruh di atas kapal sebelum kemudian dikembalikan lagi ke laut lepas.

“Jadi unsur kesengajaannya tidak ada,” tegasnya.

Saat ini kasus dugaan penangkapan lumba-lumba masih dalam pengembangan kepolisian. Petugas terus mengumpulkan informasi guna memastikan penangkapan lumba-lumba tidak melanggar hukum.

“Kami masih meminta keterangan ahli terkait zona tangkap nelayan, apakah lokasi kejadian tempat tersangkutnya lumba-lumba itu masih berada pada zona tangkap nelayan apa tidak. Jika melanggar nanti bisa dikenakan kelalaian,” imbuh Kapolres Pacitan.

Puluhan ABK yang menjalani pemeriksaan sebelumnya telah dipulangkan ke rumah. Ini menyusul tidak adanya bukti kuat yang diperoleh kepolisian. (Is/Ris/Red).

Artikel ini telah dibaca 33 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Puluhan Warga Terjangkit DBD, 1 Pasien Meninggal Dunia

17 Januari 2022 - 11:04 WIB

Johan Budi Perjuangkan Reog Jadi Warisan Budaya Dunia

15 Januari 2022 - 17:16 WIB

Satu Mimpi Bupati Tercapai. Ada Hotel Sekelas Bintang Empat di Ponorogo

15 Januari 2022 - 14:23 WIB

Libatkan Pengajar dari Oxford, Transformasi Pendidikan ala Giri Tuai Pujian

13 Januari 2022 - 21:27 WIB

Kang Giri Spontan Selamatkan Warga yang Terjatuh Di Jalanan

11 Januari 2022 - 16:41 WIB

Antisipasi Penularan DBD, Warga Fogging Mandiri

10 Januari 2022 - 10:24 WIB

Trending di Daerah