Menu

Mode Gelap
Jembatan Borang Runtuh Saat Perbaikan, 2 ASN Luka-luka Gapoktan Desa Slambur Ciptakan Pestisida Ramah Lingkungan  Senyum Bahagia Anak Yatim Penyandang Disabilitas Dapat Bantuan Kursi Roda dan Sembako dari Polres Madiun  Berangkatkan Logistik SMK PGRI 2 Ponorogo ke Cianjur, Dindik Jatim Minta Tiap Sekolah Tingkatkan Mitigasi Bencana Karang Taruna dan Puskesmas Sudimoro Terima Bantuan Mobil Bupati Aji

Madiun · 7 Mei 2019 12:43 WIB ·

Awas !!! Terobos Perlintasan Kereta Api, Terancam Denda Hingga Pidana


 Awas !!! Terobos Perlintasan Kereta Api, Terancam Denda Hingga Pidana Perbesar

MADIUN – Hukuman berupa denda bahkan pidana mengancam pengemudi kendaraan yang nekat menerobos perlintasan kereta api ketika sinyal sudah berbunyi dan palang pintu Kereta Api sudah mulai ditutup.

Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang LLAJ Pasal 114 menyebutkan, pengemudi kendaraan wajib berhenti ketika sinyal sudah berbunyi dan palang pintu Kereta Api sudah mulai ditutup. Dalam hal ini pengemudi kendaraan wajib mendahulukan kereta api yang akan lewat dan memberikan hak utama kepada kendaraan yang lebih dahulu melintas rel.

“Apabila terjadi pelanggaran oleh pengemudi kendaraan menerobos palang pintu kereta api maka konsekuensinya adalah pidana kurungan paling lama tiga bulan atau denda paling banyak Rp 750 ribu, sesuai dengan pasal 296,” ujar Manager Humas Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko.

Dia menambahkan, undang-undang tersebut kembali disosialisaikan kepada seluruh masyarakat karena mengingat menjelang masa angkutan lebaran 2019 serta aktifnya jalur ganda yang menghubungkan antara Stasiun Baron, Sukomoro, Nganjuk hingga Babadan beberapa waktu lalu dan bertambahnya jumlah perjalanan kereta api.

“Sesuai data terupdate 5 November 2018, di wilayah Daop 7 Madiun terdapat 270 perlintasan resmi, 67 perlintasan liar, dan 45 perlintasan tak sebidang (tiga flyover dan 42 underpass) dengan total terdapat 382 perlintasan,” kata Ixfan.

Masyarakat dihimbau agar waspada dan taat terhadap aturan ketika akan melintas di perlintasan KA. Warga yang akan melintas di perlintasan KA yang tidak berpalang pintu wajib untuk tengok kanan-kiri terlebih dahulu dan pastikan perlintasan yang akan dilalui aman.

“Masyarakat jika hendak akan melintas di perlintasan berpalang pintu agar bersabar dengan tidak menerobos palang pintu yang sudah mulai bergerak menutup dan ketika sinyal sudah menyala,” imbaunya. (chy/ant)

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Gapoktan Desa Slambur Ciptakan Pestisida Ramah Lingkungan 

2 Desember 2022 - 23:40 WIB

Senyum Bahagia Anak Yatim Penyandang Disabilitas Dapat Bantuan Kursi Roda dan Sembako dari Polres Madiun 

30 November 2022 - 15:41 WIB

Pecah !!! Ribuan Orang Ikuti Jalan Pagi Bareng Bupati, Rayakan HUT ke-4 Pujasera Jiwan

27 November 2022 - 18:23 WIB

Ratusan Peserta Ikuti Ujian Tulis Penerimaan Perangkat di Dua Desa di Kecamatan Madiun

26 November 2022 - 20:07 WIB

Makam Kyai Ageng Reksogati, Potensi Wisata Religi di Desa Sidomulyo 

25 November 2022 - 18:43 WIB

Kecelakaan di Madiun, Mahasiswi Asal Ponorogo Meninggal di TKP 

21 November 2022 - 13:02 WIB

Trending di Madiun