Menu

Mode Gelap
Kapolda Jatim Sampaikan Permohonan Maaf Atas Tragedi Kanjuruhan Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Kepala KPLP Lapas I Madiun Sampaikan Ini BNPT Pantau Pelaksanaan Program Deradikalisasi Napi Terorisme di Lapas I Madiun  Puluhan Pedagang Pasar Pagotan Ikuti Sosialisasi Pasar Aman dari Bahan Berbahaya  Libatkan Bapas dalam Assessment Napi, ini Alasan Lapas I Madiun 

Madiun · 27 Jul 2022 06:56 WIB ·

Walikota : Suro Harus Aman, Sudah Tidak Zamannya Ndredeg Suro


 Walikota : Suro Harus Aman, Sudah Tidak Zamannya Ndredeg Suro Perbesar

LINTAS7.NET, MADIUN – Bulan Muharam atau dalam Bahasa Jawa dikenal dengan sebutan Bulan Suro, sangat kental dengan budaya dan adat tradisional Jawa. Di bulan Suro, ada momen-momen sakral yang diperingati secara turun temurun dengan gelaran ritual ataupun acara tertentu.

Yang paling familiar dan menyedot perhatian publik setiap Suro adalah peringatan bulan Suro yang digelar oleh perguruan pencak silat yakni Suroan dan Suran Agung.

Menyikapi hal itu, Pemerintah Kota Madiun bersama Forkopimda di wilayah kota/kabupaten Madiun Raya (Mataraman) menggelar rapat koordinasi persiapan menjelang peringatan 1 Suro tahun 2022 bertempat di Gedung GCIO Diskominfo Kota Madiun, Selasa (26/7/2022).

Rakor dipimpin Wali Kota Madiun Maidi, dihadiri Bupati Madiun Ahmad Dawami, Wakil Walikota Madiun Inda Raya, Ketua DPRD Kota Madiun Andi Raya, Danrem 081/Dirotsaha Jaya Madiun Kolonel Inf. Deni Rejeki, Karo Ops Polda Jatim Kombes Pol Puji Santosa, Dir Intelkam Polda Jatim Kombes Pol Dekananto Eko Purwono, serta perwakilan perguruan silat di wilayah Madiun.

Walikota Madiun Maidi mengajak kepada seluruh pihak untuk ikut serta menjaga kemananan kondusifitas wilayah, utamanya, di Kota Madiun.

“Pendekar Kota Madiun harus jadi contoh terbaik, tunjukkan prestasi Jangan ada lempar jumroh (Tawuran lempar batu-red) di mana-mana,” tuturnya.

Sebagai satu-satunya kota yang menjadi barometer di wilayah Madiun Raya Kota Madiun telah menjadi penyangga bagi daerah sekitar, ragam capaian pembangunan yang sudah ada di Kota Pendekar ini diharapkan bisa tetap terjaga dan tidak di kotori dengan sikap dan tindakan yang kurang bertanggung jawab.

Lebih lanjut, orang nomor satu di kota Madiun ini berharap kepada seluruh pihak untuk turut menciptakan 1 Suro yang memberikan dampak baik bagi perekonomian dan pembangunan Kota Madiun.

“Suro harus aman, aman itu mahal, Sudah tidak zamannya Ndredeg Suro mari kita ciptakan suasana yang aman, nyaman, dan kondusif. Suro membawa kebahagiaan bagi semua,” pungkasnya. (git/red/adv)

Artikel ini telah dibaca 52 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Ketua PWNU Jatim Imbau Warga NU Gelar Sholat Ghaib Doakan Korban Tragedi Kanjuruhan

5 Oktober 2022 - 11:36 WIB

Kapolda Jatim Sampaikan Permohonan Maaf Atas Tragedi Kanjuruhan

5 Oktober 2022 - 11:31 WIB

Nugroho Setiawan : Tragedi Kanjuruhan Seharusnya Bisa Diantisipasi

3 Oktober 2022 - 18:00 WIB

Terkait Pertanggungjawaban Insiden Stadion Kanjuruhan, Analis Keamanan Publik Roger P. Silalahi Angkat Bicara

3 Oktober 2022 - 17:57 WIB

Pakar Hukum Unpad Sebut Tragedi di Stadion Kanjuruhan Bukan Peristiwa Pidana

2 Oktober 2022 - 22:44 WIB

Tragedi di Stadion Kanjuruhan, Mahfud MD : Polisi Sudah Usulkan Pertandingan Sore dan Penonton Sesuai Kapasitas Stadion

2 Oktober 2022 - 22:41 WIB

Trending di Nasional