Menu

Mode Gelap
Jembatan Borang Runtuh Saat Perbaikan, 2 ASN Luka-luka Gapoktan Desa Slambur Ciptakan Pestisida Ramah Lingkungan  Senyum Bahagia Anak Yatim Penyandang Disabilitas Dapat Bantuan Kursi Roda dan Sembako dari Polres Madiun  Berangkatkan Logistik SMK PGRI 2 Ponorogo ke Cianjur, Dindik Jatim Minta Tiap Sekolah Tingkatkan Mitigasi Bencana Karang Taruna dan Puskesmas Sudimoro Terima Bantuan Mobil Bupati Aji

Daerah · 16 Okt 2020 13:11 WIB ·

Beda Paslon Nomor 1 dan 2 di Awal Tahapan Kampanye


 Beda Paslon Nomor 1 dan 2 di Awal Tahapan Kampanye Perbesar

LINTAS7.NET,PACITAN- Masa tahapan kampanye Peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan tahun 2020 sudah berlangsung hampir tiga pekan. Paslon Nomor urut 1 tampak aktif berkampanye keliling desa. Sebaliknya, Pasangan Calon Nomor Urut 2, Yudi Sumbogo-Isyah Ansori, belum terlihat berkampanye secara resmi. 

Kegiatan kampanye peserta Pilbup Pacitan bisa diketahui dari Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) yang diterbitkan Kepolisian. Ini merujuk Pasal 38 Peraturan KPU (PKPU) Nomor 4 Tahun 2017 tentang kampanye pilkada.

Peraturan itu berbunyi, peserta pilkada wajib menyampaikan pemberitahuan tertulis terkait kampanye pertemuan terbatas serta pertemuan tatap muka dan dialog kepada aparat kepolisian setempat dengan tembusan disampaikan ke KPU dan Bawaslu sesuai tingkatannya.

Selain PKPU, pemberitahuan kegiatan politik termasuk kampanye juga diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2017. Selama tahapan berlangsung sampai  Jum’at (16/10), kepolisian baru menerbitkan STTP untuk Pasangan Calon Nomor Urut 1, Indrata Nur Bayuaji-Gagarin. 

“Iya sampai saat ini belum ada pengajuan STTP untuk paslon nomor 2. Baru paslon nomor 1 yang sudah kita terbitkan,” ungkap, AKBP. Didik Hariyanto, Kapolres Pacitan melalui sambungan telepon, Jum’at (16/10) pagi.

Belum adanya ijin kampanye bagi Paslon “Mbois” ini juga dibenarkan Bawaslu Kabupaten Pacitan. Berty Stefanus, Ketua Bawaslu Pacitan menegaskan baru menerima surat tembusan STTP paslon nomor 1. 

“Sampai saat ini Saya belum tahu sudah apa belum. Yang sudah kampanye (Paslon nomor 1) kami dapat tembusan,” jelas Berty, melalui pesan singkat pada Kamis, (15/10) siang. 

Sementara itu, Calon Bupati Pacitan, Yudi Sumbogo, tidak merespon saat dikonfirmasi melalui telepon. 

Belum adanya kegiatan kampanye resmi ini menjadi pertanyaan publik. Sebab, kampanye merupakan bagian penting dalam proses Pemilihan Bupati Wakil Bupati Pacitan. 

Peserta Pilbup Pacitan berkesempatan untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat pemilih. Pun demikian sebaliknya. Masyarakat bisa mengenal lebih dekat sosok calon pemimpin dan visi misi yang ditawarkan untuk masa depan Pacitan ke depan. (IS). 

Artikel ini telah dibaca 89 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Pengunjung Goa Gong Tertimpa Atap Gazebo Runtuh

5 Desember 2022 - 20:40 WIB

Jembatan Borang Runtuh Saat Perbaikan, 2 ASN Luka-luka

4 Desember 2022 - 22:54 WIB

Terdakwa Korupsi Serahkan Uang Pengganti Kerugian 146 Juta

3 Desember 2022 - 19:41 WIB

Hanya 3 Jam Pemasangan, Pipanisasi 4,5 Kilometer Bisa Dinikmati Warga

1 Desember 2022 - 22:57 WIB

Berangkatkan Logistik SMK PGRI 2 Ponorogo ke Cianjur, Dindik Jatim Minta Tiap Sekolah Tingkatkan Mitigasi Bencana

29 November 2022 - 23:02 WIB

Ratusan Warga Daftar PPK Pemilu 2024

27 November 2022 - 20:18 WIB

Trending di Daerah