Menu

Mode Gelap
Konsumsi dan Edarkan Sabu, Pasutri Ini Harus Berpisah dengan Anak Balita Demi Pesta Miras, Pria Madiun Perdaya dan Kuras Uang Tabungan Kekasihnya Jembatan Borang Runtuh Saat Perbaikan, 2 ASN Luka-luka Gapoktan Desa Slambur Ciptakan Pestisida Ramah Lingkungan  Senyum Bahagia Anak Yatim Penyandang Disabilitas Dapat Bantuan Kursi Roda dan Sembako dari Polres Madiun 

Daerah · 7 Nov 2020 18:56 WIB ·

Berkat Pembangunan SBY, Pengusaha Ini Sukses Ubah Cibiran jadi Penghasilan


 Berkat Pembangunan SBY, Pengusaha Ini Sukses Ubah Cibiran jadi Penghasilan Perbesar

LINTAS.NET,PACITAN-Hasil pembangunan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono di Pacitan menciptakan beragam peluang usaha bagi masyarakat. Satu diantaranya adalah penyedia jasa penginapan yang mulai menjamur baik di pusat kota maupun di wilayah kecamatan.

Seperti yang terlihat di Desa Wiyoro, Kecamatan Ngadirojo ini salah satunya. Hotel yang berada tepat di Jalan Raya Lorok-Pacitan ini terus menunjukkan perkembangan mengiringi kemajuan Pacitan.

Bambang Suhartono, pemilik hotel Surya Dharma mengaku niatnya berinvestasi di bidang jasa perhotelan sempat diremehkan banyak orang. Pelan dan pasti pria yang biasa disapa Bahar itu pun berhasil membuktikan keraguan banyak orang.

“Saya merintis (hotel) ini tahun 2008 bersamaan dengan program pembangunan PLTU oleh Pak SBY. Waktu itu banyak yang mencibir juga, hotel untuk siapa dan sebagainya. Ya wajar karena Pacitan kan belum seperti sekarang,” tutur Bahar pada wartawan Sabtu (7/11).

“Tetapi saya berkeyakinan bahwa pemerintahan Pak SBY akan membawa perubahan pembangunan Pacitan jadi lebih maju. Dan terbukti kita bisa lihat hari ini perkembangan Pacitan sangat luar biasa,” tambah Bahar.

Bahar, memulai bisnis dengan membuka 12 kamar. Awalnya dia berspekulasi untuk menyediakan penginapan bagi para pekerja di proyek PLTU. Seiring waktu pelanggan hotel terus bertambah sehingga perlu menambah kapasitas dan fasilitas tempat penginapan.

“Di awal buka dulu kita siapkan untuk para pekerja di PLTU. Kemudian dengan infrastruktur yang terbangun dengan baik Ngadirojo berkembang dengan pesat. Sales yang biasa menginap di kota Pacitan kini sudah memanfaatkan penginapan kami,” jelasnya.

“Selain itu ada juga wisatawan dari luar daerah. Kalau untuk penghasilan Alhamdulillah dulu hanya 12 kamar saat ini sudah 48 kamar. Ke depan kita berharap potensi wisata Pacitan yang menjanjikan menguntungkan para penyedia jasa penginapan,” tukas Bahar.

Usaha di bidang jasa perhotelan jadi salah satu sektor yang mengalami peetumbuhan seiring pembangunan SBY di Pacitan. Banyak bidang usaha lain yang tumbuh sekaligus mampu menggerakkan roda perekonomian masyarakat Pacitan. (IS)

Artikel ini telah dibaca 272 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Konsumsi dan Edarkan Sabu, Pasutri Ini Harus Berpisah dengan Anak Balita

8 Desember 2022 - 19:17 WIB

Badan Jalan Amblas di Jalur Bandar-Tegalombo Capai Puluhan Meter

8 Desember 2022 - 10:41 WIB

Demi Pesta Miras, Pria Madiun Perdaya dan Kuras Uang Tabungan Kekasihnya

7 Desember 2022 - 18:54 WIB

Pertanian Dinilai Masa Depan Ketahanan Pangan

6 Desember 2022 - 19:47 WIB

Pengunjung Goa Gong Tertimpa Atap Gazebo Runtuh

5 Desember 2022 - 20:40 WIB

Jembatan Borang Runtuh Saat Perbaikan, 2 ASN Luka-luka

4 Desember 2022 - 22:54 WIB

Trending di Pacitan