Menu

Mode Gelap
Karang Taruna dan Puskesmas Sudimoro Terima Bantuan Mobil Bupati Aji Makam Kyai Ageng Reksogati, Potensi Wisata Religi di Desa Sidomulyo  Empati Bencana Cianjur, SMK PGRI 2 Ponorogo Galang Dana dan Shalat Ghoib Kecelakaan di Madiun, Mahasiswi Asal Ponorogo Meninggal di TKP  Pertemuan Anies dan 3 Partai, Demokrat : Kami Makin Solid

Nasional · 18 Nov 2020 11:38 WIB ·

Tekan Angka Kemiskinan Dengan Memacu Sektor Rumpun Agraris


 Tekan Angka Kemiskinan Dengan Memacu Sektor Rumpun Agraris Perbesar

LINTAS7.NET, PACITAN-Kemiskinan masih menjadi momok di Pacitan. Data BPS 2019 menyebut 75,86 ribu jiwa di kota berjuluk 1001 goa ini masuk dalam kategori penduduk miskin. Di sisi lain, sektor pertanian yang umumnya menjadi  sumber mata pencaharian penduduk miskin kurang di perhatikan pemerintah.Anggota Fraksi Golkar DPRD Pacitan, Lancur Susanto meminta pemerintah menggenjot sektor rumpun agraris untuk menekan prosesntase kemiskinan di Pacitan. Ia yakin, pertanian, perkebunan dan peternakan akan mampu mengentaskan jumlah penduduk miskin.” 32 persen masyarakat pacitan sesuai data PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) bertumpu pada sektor tersebut. Dan sumber penghasilan warga itu yang harus di tingkatkan.”Ungkapnya.

Lancur berharap, perencaaan belanja di APBD Pacitan tahun 2021, di arahkan untuk membangun sektor agraris. Semisal memberikan bantuan benih tanaman produktif, bibit ternak atau alat penunjang pertanian dan perkebunan. Pendampingan intensif  pra hingga paska panen kepada petani, juga metode yang tepat untuk meningkatkan sektor agraris.”Jangan lupa infrastruktur dasar di desa juga harus di bangun”.Imbuh anggota DPRD dari dapil Nawangan-Bandar itu.

Di ketahui, Angka kemiskinan Pacitan kini bertengger sebesar 13,67 %. Jumlah ini masih di atas rata rata angka kemiskinan provinsi dan nasional. Pandemi Covid-19 di pastikan memperburuk kondisi kemiskinan masyarakat Pacitan. Tema pembangunan tahun depan yang  di tekankan pada pemulihan pertumbuhan ekonomi dan penanganan kemiskinan  melalui pembangunan sektor unggulan di harapkan dapat membawa Pacitan kearah yang lebih baik. (AP)

Artikel ini telah dibaca 102 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Polisi Gagalkan Peredaran Narkoba, Tujuh Tersangka Diamankan, 36 Kilogram Sabu dan Puluhan Ribu Ekstasi Disita

23 November 2022 - 21:08 WIB

Keliling Sudimoro, Bupati Aji Kunjungi Korban Tanah Longsor

23 November 2022 - 11:55 WIB

Brimob hingga Tim Trauma Healing Diterjunkan Polri Untuk Bantu Penanganan Gempa Cianjur 

21 November 2022 - 19:57 WIB

Pertemuan Anies dan 3 Partai, Demokrat : Kami Makin Solid

20 November 2022 - 12:33 WIB

Diduga Gelapkan Dana 2,9 M, Bendahara Koperasi Kodim Pacitan Ditahan

18 November 2022 - 14:19 WIB

Pemkab Madiun Raih WTP 9 Kali Berturut-turut

14 November 2022 - 20:47 WIB

Trending di Madiun