Menu

Mode Gelap
Jembatan Borang Runtuh Saat Perbaikan, 2 ASN Luka-luka Gapoktan Desa Slambur Ciptakan Pestisida Ramah Lingkungan  Senyum Bahagia Anak Yatim Penyandang Disabilitas Dapat Bantuan Kursi Roda dan Sembako dari Polres Madiun  Berangkatkan Logistik SMK PGRI 2 Ponorogo ke Cianjur, Dindik Jatim Minta Tiap Sekolah Tingkatkan Mitigasi Bencana Karang Taruna dan Puskesmas Sudimoro Terima Bantuan Mobil Bupati Aji

Daerah · 11 Agu 2020 15:52 WIB ·

Dengar Praktik Pungli, HMI Sambangi Dispendukcapil Pacitan


 Dengar Praktik Pungli, HMI Sambangi Dispendukcapil Pacitan Perbesar

LINTAS7.NET,PACITAN- Himpunan Mahasiswa Islam Pacitan Selasa (11/8) pagi, mendatangi Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat. Kedatangan aktivis mahasiswa itu untuk memastikan pelayanan administrasi kependudukan berjalan sesuai harapan masyarakat. 

Ketua HMI Pacitan, Muh Rifa’i mengatakan audiensi bersama pejabat Dispendukcapil Pacitan ini dilatari dari banyaknya keluhan masyarakat ihwal pelayanan kependudukan yang dianggap lamban. Bahkan, kalangan mahasiswa diakui rifai kerap mendengar adanya praktik pungli ketika mengurus dokumen kependudukan. 

“Agenda kami (HMI) untuk memastikan adanya solusi terkait beberapa persoalan yang dihadapi warga saat mengurus dokumen kependudukan. Diantaranya pelayanan yang lambat terkesan berbelit-belit, hingga dugaan praktik Nepotisme,” ujar Rifa’i usai menggelar audiensi di kantor Dispendukcapil Pacitan.

Rifa’i menambahkan pemerintah tidak memiliki terobosan nyata guna mengurai permasalahan yang dihadapi pemohon dokumen kependudukan. Padahal keluhan terkait persoalan ini sejatinya sudah terjadi lama. Inovasi kemudahan layanan yang diluncurkan Dispendukcapil sama sekali tidak menyelesaikan persoalan yang ada. 

“Kami melihat sistem pelayanan yang ada saat ini belum mampu menjawab persoalan. Perlu perbaikan sistem pelayanan adminduk, dengan meningkatkan sosialisasi dan memperjelas SOP secara publik. Tambah kuota pada pelayanan online serta alat cetak di setiap kecamatan,” tandasnya.

Aktivis Mahasiswa Islam di Pacitan kecewa karena saat audiensi tidak ditemui Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang memiliki agenda di luar kantor. (IS).

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Pengunjung Goa Gong Tertimpa Atap Gazebo Runtuh

5 Desember 2022 - 20:40 WIB

Jembatan Borang Runtuh Saat Perbaikan, 2 ASN Luka-luka

4 Desember 2022 - 22:54 WIB

Terdakwa Korupsi Serahkan Uang Pengganti Kerugian 146 Juta

3 Desember 2022 - 19:41 WIB

Hanya 3 Jam Pemasangan, Pipanisasi 4,5 Kilometer Bisa Dinikmati Warga

1 Desember 2022 - 22:57 WIB

Berangkatkan Logistik SMK PGRI 2 Ponorogo ke Cianjur, Dindik Jatim Minta Tiap Sekolah Tingkatkan Mitigasi Bencana

29 November 2022 - 23:02 WIB

Ratusan Warga Daftar PPK Pemilu 2024

27 November 2022 - 20:18 WIB

Trending di Daerah