Menu

Mode Gelap
Jembatan Borang Runtuh Saat Perbaikan, 2 ASN Luka-luka Gapoktan Desa Slambur Ciptakan Pestisida Ramah Lingkungan  Senyum Bahagia Anak Yatim Penyandang Disabilitas Dapat Bantuan Kursi Roda dan Sembako dari Polres Madiun  Berangkatkan Logistik SMK PGRI 2 Ponorogo ke Cianjur, Dindik Jatim Minta Tiap Sekolah Tingkatkan Mitigasi Bencana Karang Taruna dan Puskesmas Sudimoro Terima Bantuan Mobil Bupati Aji

Magetan · 4 Mar 2019 11:42 WIB ·

Sekilas Perjalanan Wakil Bupati Magetan, Bunda Nanik


 Sekilas Perjalanan Wakil Bupati Magetan, Bunda Nanik Perbesar

MAGETAN. Nanik Endang Rusminiarti tidak pernah terbesit sedikitpun suatu ketika dia akan menjadi orang terpandang di Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Sebelum menjadi Wakil Bupati, ibu 4 anak ini pernah menjadi ketua PKK Se-Kabupaten Magetan sekaligus mendampingi suaminya memimpin Kabupaten Magetan 2 periode.
Hidupnya mengalir seperti air terjun hingga melewati kampung halamannya di Sesa Kedungguwo, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Magetan.
Selain menjabat sebagai Wakil Bupati Magetan, Bunda Nanik juga merupakan ibu rumah tangga yang tidak pernah mengabaikan suaminya Sumantri yang saat ini sibuk ke sawah dan mengelola peternakan.
Ibu yang murah senyum ini mengaku bahwa menjadi pejabat publik bukanlah perkara gampang. Ia tetap senang melayani warga tiap Sabtu dan Minggu. Kesibukan yang ia jalani setidaknya hampir sama dengan aktivitas saat masih menjadi istri Bupati.
“Meski saya sebagai Wakil Bupati, kalau soal suami tetap saya utamakan. Seperti biasa sebelum berangkat ke kantor setiap pagi selalu membuatkan sarapan dan keperluan lain untuk suami saya,” ujar Bunda Nanik.
Bunda Nanik yang pernah mendapatkan penghargaan sekaligus sebagai juara pertama pelaksana terbaik pemanfaatan halaman pekarangan (Hatinya PKK) pada tahun 2012 lalu, dalam merawat dirinya tetap sehat tidak menerapkan cara khusus, karena mengalir begitu saja.”Yang jelas kami lakukan istirahat yang cukup dan olahraga,”kata Bunda Nanik yang pernah membuat Magetan mendapat predikat sebagai daerah pelaksana PKK terbaik tingkat nasional tahun 2012 lalu.
“Kalau tidak ada kesibukan hingga memakan waktu sampai malam, saya dan suami setiap jelang sore usai bersih-bersih rumah selalu shalat Maghrib berjama’ah di Mushola yang terletak di depan rumah,”ucapnya.
Dari keempat putranya, tinggal satu yang belum bekerja dan berkeluarga. “Anak paling kecil masih kuliah, sedangkan kakak-kakaknya sudah bekerja dan berkeluarga. Ketiga kakaknya bekerja sebagai dokter,”jelas Bunda Nanik saat ditemui di rumahnya usai shalat Isya’ di Mushola depan.
“Dulu SMP dan SPG saya di Ponorogo. SPG itu kalau sekarang setara dengan SMA. Dulu itu namanya Sekolah Pendidikan Guru, sementara S1 dan S2 saya kuliah di salah satu universitas di Surabaya,”kata Bunda Nanik.
Sebagai Wakil Bupati tentunya bukan merupakan pekerjaan yang mudah, untuk menjaga stamina Bunda Nanik selalu menjaga pola makan.”Kalau soal makan seperti biasanya mengalir apa adanya , yang terpenting harus diperbanyak makan sayur dan buah-buahan dan istirahat cukup,”terang Bunda Nanik.
Meski sekarang menjabat Wakil Bupati Magetan dengan sebutan Bunda Nanik, akan tetapi masyarakat Magetan tetap memanggilnya bu Mantri. Ini terbukti ketika dia menghadiri acara kedinasan suatu ketika sejumlah ibu-ibu PKK sempat memanggil bu Mantri.”Mungkin itu sudah terbiasa, karena 10 tahun ibu-ibu PKK selalu bersama dan jalan bareng saat melakukan program PKK,”ucap Bu Nanik. Cahyo.

Artikel ini telah dibaca 475 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Siswa SMK Penerbangan Angkasa Lanud Iswahjudi Siap Raih Prestasi di AMSO 2022

16 November 2022 - 09:23 WIB

Safari Politik Di Magetan, AHY Terharu dan Bangga Dengan Semangat masyarakat

21 Mei 2022 - 18:24 WIB

Reses di Magetan, Sartono Hutomo Lakukan Hal Ini

2 Maret 2022 - 20:59 WIB

Taekwondo Magetan Borong 17 Medali Emas Kejurda Jatim

21 Desember 2021 - 20:16 WIB

Tahun Penuh Tantangan, Disparbud Magetan Bangun Pariwisata Berkelanjutan

21 Desember 2021 - 19:26 WIB

Segera Dibuka, Tim Satgas Covid-19 Lakukan Assessment di Magetan Park

18 November 2021 - 17:25 WIB

Trending di Magetan