Menu

Mode Gelap
Jembatan Borang Runtuh Saat Perbaikan, 2 ASN Luka-luka Gapoktan Desa Slambur Ciptakan Pestisida Ramah Lingkungan  Senyum Bahagia Anak Yatim Penyandang Disabilitas Dapat Bantuan Kursi Roda dan Sembako dari Polres Madiun  Berangkatkan Logistik SMK PGRI 2 Ponorogo ke Cianjur, Dindik Jatim Minta Tiap Sekolah Tingkatkan Mitigasi Bencana Karang Taruna dan Puskesmas Sudimoro Terima Bantuan Mobil Bupati Aji

Daerah · 17 Agu 2020 22:27 WIB ·

Film Karang Taruna Warnai Detik-detik Proklamasi


 Film Karang Taruna Warnai Detik-detik Proklamasi Perbesar

LINTAS7.NET,PACITAN- Karang Taruna Kabupaten Pacitan merilis sebuah karya film bertema perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Film pendek yang dipublish tepat pada waktu peringatan detik-detik proklamasi sebagai bentuk komitmen Karang Taruna untuk menjadi bagian dalam mengisi kemerdekaan melalui kreativitas pemuda. 

Ketua Karang Taruna Kabupaten Pacitan, Mulyadi mengatakan film berjudul Jam 10 menceritakan tentang kegelisahan seorang kakek yang merasakan nasionalisme masyarakat saat ini mulai tereduksi. Kemudian cucunya bergerak mengibarkan bendera merah putih di puncak gunung tepat pukul 10. Dan tanpa sadar masyarakat yang awalnya tidak menghiraukan itu tergugah.

“Melalui film ini kami mengajak generasi muda untuk selalu berjuang dan menghargai jasa para pahlawan. Generasi muda berkewajiban mempertahankan dan mengisi kemerdekaan yang sudah diraih susah payah dan mempertaruhkan jiwa raga dengan kegiatan positif maupun karya-karya kreatif,” terang pria yang juga Dosen salah satu perguruan tinggi di Pacitan. 

Mulyadi menambahkan proses pembuatan film melibatkan 30 orang yang mayoritas dari pengurus dan anggota Karang Taruna serta masyarakat. Setelah melalui beberapa tahap produksi dan editing selama 5 hari, karya film perdana karang taruna diluncurkan kepada publik. Lokasi pengambilan video dilakukan di Bukit Lungur Gede Dusun Watukudi Desa Jeruk, Bandar, Pacitan.

“Poin penting dari film ini bukan soal berapa lama waktu pembuatan tetapi kami ingin menyampaikan pada masyarakat betapa sakralnya jam 10.00 tanggal 17 Agustus 1945 waktu dimana bendera merah putih dikibarkan menandai kemerdekaan Indonesia,” jelasnya.

Karang Taruna Pacitan mengajak semua pihak ikut berpartisipasi membangun bangsa melalui berbagai cara. Diantaranya dapat dilakukan dengan pengabdian masyarakat, mendukung hasil karya produk dalam negeri, menunjukkan prestasi dalam pendidikanya, dan ikut terlibat dalam memajukan berbagai sektor. (IS).

Artikel ini telah dibaca 20 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Pengunjung Goa Gong Tertimpa Atap Gazebo Runtuh

5 Desember 2022 - 20:40 WIB

Jembatan Borang Runtuh Saat Perbaikan, 2 ASN Luka-luka

4 Desember 2022 - 22:54 WIB

Terdakwa Korupsi Serahkan Uang Pengganti Kerugian 146 Juta

3 Desember 2022 - 19:41 WIB

Hanya 3 Jam Pemasangan, Pipanisasi 4,5 Kilometer Bisa Dinikmati Warga

1 Desember 2022 - 22:57 WIB

Berangkatkan Logistik SMK PGRI 2 Ponorogo ke Cianjur, Dindik Jatim Minta Tiap Sekolah Tingkatkan Mitigasi Bencana

29 November 2022 - 23:02 WIB

Ratusan Warga Daftar PPK Pemilu 2024

27 November 2022 - 20:18 WIB

Trending di Daerah