Menu

Mode Gelap
Jaga Kesehatan Lansia, Ini Yang Dilakukan Pemdes Bukur Asyik Nongkrong di Warung Saat Jam Sekolah, Belasan Pelajar di Madiun Terjaring Razia Satpol PP BST 2023 Lebih Singkat, Cepat dan Tepat Sasaran Operasi Zebra Semeru 2023 Resmi Digelar Mulai Hari Ini  Meriahnya Puncak Peringatan HUT ke 78 RI di Desa Tulung

Headline · 11 Jan 2021 10:04 WIB ·

Gugus Tugas Diminta Terbuka Dalam Penyaluran Bantuan Imbas Covid-19


 Gugus Tugas Diminta Terbuka Dalam Penyaluran Bantuan Imbas Covid-19 Perbesar

Foto: Screenshot Kementerian Kominfo

LINTAS7.NET,PACITAN– Pemerintah Kabupaten Pacitan bekerja keras menekan angka penyebaran Covid-19 di kota berjuluk 1001 gua. Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menempuh berbagai cara untuk memutus penularan virus mematikan itu.

Kampanye disiplin protokol kesehatan, sosialisasi keliling pakai kendaraan dan pengeras suara hingga penerbitan regulasi untuk mengatur tatanan sosial masyarakat dilakukan pemerintah. Bahkan, hampir tiap hari pemerintah aktif menyampaikan perkembangan kasus Covid-19.

Semua ini demi menyelamatkan kesehatan masyarakat Pacitan. “Informasi update terkait perkembangan kasus Covid-19 sudah tepat. Walau hanya jumlah penambahan, angka sembuh dan total kasus setidaknya warga punya gambaran kondisi wabah ini,” kata Budi seorang pedagang makanan di Kora Pacitan.

Keterbukaan informasi ini diharapkan berlaku pada hasil implementasi program kebijakan pemerintah. Pun dengan program bantuan bagi warga terdampak Covid-19. Apalagi aktivitas ekonomi masyarakat sangat terganggu imbas pembatasan operasional para pedagang.

“Kami berharap hasil dari kebijakan pemerintah selama pandemi juga disampaikan pada publik. Utamanya soal program bantuan. Saya belum mendengar pemerintah menyampaikan secara jelas apa saja bentuk bantuan selama pandemi, siapa saja penerimanya dan bagaimana progres penyalurannya di Pacitan. Itu perlu dijelaskan,” imbuh Budi.

“Informasi terkait bantuan ini penting untuk meminimalisir kecemburuan sosial di tengah masyarakat. Karena ketika berbicara dampak saya rasa semua masyarakat ikut merasakan dampaknya,” tegasnya.

Merespon keterbukaan informasi soal bantuan, Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pacitan, Rahmad Dwiyanto mengaku tak punya data penyaluran bantuan. Dia meminta awak media meminta informasi ke dinas tekhnis.

“Waduh aku tidak punya data dan tak pernah diberitahu masalah itu( penyaluran bantuan). Itu kewenangan Dinas Sosial silahkan konfirmasi di Kadinsos atau pejabat Dinsos. Apabila yang dibutuhkan soal anggaran langsung ke BPKAD atau ke Sekda,” jelas pria yang selalu menyampaikan perkembangan kasus Covid-19 di Pacitan.

Diketahui Pemkab Pacitan telah menyalurkan berbagai bantuan bagi masyarakat terdampak Covid-19. Beragam program bantuan bakal berlanjut pada tahun ini setelah Pemerintah Pusat mengumumkan alokasibbantuan tunai untuk masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.

Presiden RI Jokowi mengatakan telah menyiapkan bantuan program PKH senilai Rp 28,709 Trilliun. Program sembako 42,5 Trilliun dan Bantuan Sosial Tunai sebesar 12 Trilliun. (IS).

Artikel ini telah dibaca 128 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Naff dan D’Masiv Meriahkan Festival Literasi Digital di Ponorogo

3 September 2023 - 23:27 WIB

Turnamen Bola Voli AHY #2 Disambut Antusias Masyarakat

3 September 2023 - 18:17 WIB

Siapkan Bonus, Bupati Ponorogo Target 15 Emas di Porprov Jatim 2023

1 September 2023 - 19:16 WIB

LBH GP Ansor Laporkan Youtube @sunnahnabi1 ke Polres Pacitan

20 Agustus 2023 - 11:21 WIB

Badan Siber Ansor Pacitan Meminta Kepolisian Mengusut Tuntas Penista Nabi

20 Agustus 2023 - 07:24 WIB

Museum dan Galeri Seni SBY-ANI Jadi Kado Spesial HUT ke-78 Kemerdekaan RI

17 Agustus 2023 - 21:19 WIB

Trending di Headline