Menu

Mode Gelap
Tasyakuran 1 Abad NU, Siswa-Siswi MI Mategal Kenduri 100 Nasi Tumpeng   Terciduk Asyik Ngobrol saat Pembekalan, Bupati Madiun Tegur Seorang Perangkat Desa Tergiur Untung 50 Ribu per Gram, Pemuda di Madiun Nekat Edarkan Narkoba Pemkab Madiun Launching SOP Tatalaksana Deteksi Dini Kasus Stunting Pohon Pisang ini Ditanam di Tengah Jalan, Bentuk Protes?

Daerah · 8 Jan 2021 06:50 WIB ·

Wisata Petik Buah Naga ada di Sudimoro, Sebulan Panen 1,5 Ton


 Wisata Petik Buah Naga ada di Sudimoro, Sebulan Panen 1,5 Ton Perbesar

LINTAS7.NET,PACITAN– Kabupaten Pacitan dianugerahi kekayaan alam yang mengagumkan. Disamping keindahan pariwisata, kota kecil di ujung barat daya Provinsi Jawa Timur ini juga punya potensi pertanian yang mejanjikan.

Di Kecamatan Sudimoro misalnya. Selain tanaman padi dan rempah-rempah, wilayah di bagian timur kota Pacitan ini dikenal akan hasil dari perkebunan. Mulai cengkeh, kelapa maupun kopi dihasilkan dari petani Sudimoro.

Kini para petani juga sukses membudidayakan buah naga. Petani buah naga ini berada di Desa Sukorejo, Kecamatan Sudimoro, Pacitan. Mereka memanfaatkan lahan seluas sekitar 3 hektare untuk memproduksi buah naga.

Tuyatno, salah satu petani mengaku menanam 2.500 batang buah naga bersama 6 petani lainnya. Setelah menunggu hampir 1,5 tahun masa panen yang ditunggu-tunggu pun tiba pada awal tahun 2021 ini.

“Alhamdulillah ini mulai bisa panen. Umumnya dalam sebulan itu bisa 2 kali panen. Ya perkiraan nanti bisa panen sampai 1,5 ton di bulan januari ini,” kata Tuyatno.

Lebih lanjut, Tuyatno menjelasakan budidaya buah naga membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Terlebih pada musim penghujan seperti saat ini.

“Tantangannya kalau musim hujan itu kelebihan air yang membuat buah menjadi kecil. Jadi perawatannya harus rutin, pengurangan tunas dan hama rumput,” imbuhnya.

Kepala Desa Sukorejo, Imam Khoirudin mengapresiasi keuletan para petani buah naga di desanya. Mereka dinilai sukses memaksimalkan lahan yang ada sebagai sumber penghidupan.

“Kami dari pemerintah desa sejak awal mendorong pemanfaatan lahan dan hasilnya kini bisa dinikmati para petani. Produksinya juga cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Kecamatan Sudimoro,” jelas Imam.

Bagi masyarakat yang ingin menikmati buah naga Desa Sukorejo bisa datang ke lokasi langsung. Tepatnya di sekitar kawasan wisata Cagak Telu (Tiga Tiang PLTU Sudimoro). (IS).

 

Artikel ini telah dibaca 1,105 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Bupati Turun ke Jalan Bersama Wartawan, Bagikan Bunga Peringati Hari Pers Nasional

9 Februari 2023 - 13:15 WIB

Tasyakuran 1 Abad NU, Siswa-Siswi MI Mategal Kenduri 100 Nasi Tumpeng  

7 Februari 2023 - 12:33 WIB

Buntut Unggahan Viral Yang Diduga Melecehkan, Persatuan Perangkat dan Kepala Desa Ancam Polisikan Oknum Guru di Pacitan

30 Januari 2023 - 12:34 WIB

Mantan Sekda Pacitan Dituntut 2 Tahun Penjara

20 Januari 2023 - 21:18 WIB

Tak Tahu Tempat, Emak-emak Nekad Senam di Area Masjid Apung, Berujung Minta Maaf

19 Januari 2023 - 23:18 WIB

Kunjungi Pelajar Korban HP Meledak, Wabup Bakal Kaji Penggunaan Ponsel di Sekolah

19 Januari 2023 - 22:54 WIB

Trending di Daerah