Menu

Mode Gelap
Tasyakuran 1 Abad NU, Siswa-Siswi MI Mategal Kenduri 100 Nasi Tumpeng   Terciduk Asyik Ngobrol saat Pembekalan, Bupati Madiun Tegur Seorang Perangkat Desa Tergiur Untung 50 Ribu per Gram, Pemuda di Madiun Nekat Edarkan Narkoba Pemkab Madiun Launching SOP Tatalaksana Deteksi Dini Kasus Stunting Pohon Pisang ini Ditanam di Tengah Jalan, Bentuk Protes?

Daerah · 26 Okt 2020 21:44 WIB ·

Wiyoro Punya Aksi Pukul Kenthongan di Jalan Raya


 Wiyoro Punya Aksi Pukul Kenthongan di Jalan Raya Perbesar

LINTAS7.NET,PACITAN- Pemerintah Kabupaten Pacitan menggelar kegiatan Pukul Kenthongan secara serentak pada Senin (26/10) pagi. Aksi ini diikuti oleh seluruh unsur pemerintahan dan  masyarakat di Pacitan. 

Tak terkecuali, Pemerintah Desa Wiyoro, Kecamatan Ngadiorojo. Pemerintah Desa Bersama masyarakat setempat, turut menabuh alat musik tradisional kenthongan. Uniknya aksi pukul kenthogan itu dilakukan di tepi jalan raya Lorok-Tulakan. 

“Kami Pemerintah Desa Wiyoro, bersama masyarakat melaksanakan tabuh kenthongan tepat pukul 08.59 Wib,” ujar Bambang Suhartono, Kades Wiyoro pada awak media. 

Bambang, mengatakan aksi pukul kenthongan serentak ini merupakan tindak lanjut intruksi Pemerintah Kabupaten Pacitan. Menurutnya, aksi ini sebagai bentuk peringatan dini dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. 

“Tentu kami tidak mengharapkan datangnya bencana. Harapan kami melalui aksi ini tercipta sebuah kesadaran masyarakat akan potensi bencana yang ada di Pacitan,” imbuhnya.

Pukul kenthongan serentak di jalan raya ini berlangsung selama sekitar 1 menit. Aksi mereka pun menarik perhatian masyarakat, utamanya para pengguna jalan. 

“Kesadaran masyarakat akan berbagai potensi bencana alam dan bencana non alam sangatlah penting. Ini sekaligus bagian dari upaya pengurangan resiko bencana ketika musibah yang tidak kita inginkan melanda wilayah kami,” tukas Bambang. (IS)

Artikel ini telah dibaca 83 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Bupati Turun ke Jalan Bersama Wartawan, Bagikan Bunga Peringati Hari Pers Nasional

9 Februari 2023 - 13:15 WIB

Tasyakuran 1 Abad NU, Siswa-Siswi MI Mategal Kenduri 100 Nasi Tumpeng  

7 Februari 2023 - 12:33 WIB

Buntut Unggahan Viral Yang Diduga Melecehkan, Persatuan Perangkat dan Kepala Desa Ancam Polisikan Oknum Guru di Pacitan

30 Januari 2023 - 12:34 WIB

Mantan Sekda Pacitan Dituntut 2 Tahun Penjara

20 Januari 2023 - 21:18 WIB

Tak Tahu Tempat, Emak-emak Nekad Senam di Area Masjid Apung, Berujung Minta Maaf

19 Januari 2023 - 23:18 WIB

Kunjungi Pelajar Korban HP Meledak, Wabup Bakal Kaji Penggunaan Ponsel di Sekolah

19 Januari 2023 - 22:54 WIB

Trending di Daerah