Menu

Mode Gelap
Tasyakuran 1 Abad NU, Siswa-Siswi MI Mategal Kenduri 100 Nasi Tumpeng   Terciduk Asyik Ngobrol saat Pembekalan, Bupati Madiun Tegur Seorang Perangkat Desa Tergiur Untung 50 Ribu per Gram, Pemuda di Madiun Nekat Edarkan Narkoba Pemkab Madiun Launching SOP Tatalaksana Deteksi Dini Kasus Stunting Pohon Pisang ini Ditanam di Tengah Jalan, Bentuk Protes?

Daerah · 15 Jan 2021 19:46 WIB ·

ASB Dorong Kemandirian Pemuda Sebagai Pilar Ekonomi Mikro Pedesaan


 ASB Dorong Kemandirian Pemuda Sebagai Pilar Ekonomi Mikro Pedesaan Perbesar

LINTAS7.NET,PACITAN- Pandemi Covid-19 memukul seluruh sektor ekonomi makro di seluruh dunia. Dampak besar yang timbul oleh wabah mematikan ini pun dirasakan oleh hampir semua pelaku ekonomi. Tak terkecuali ekonomi mikro masyarakat di pedesaan.

Hal ini disampaikan pria yang akrab disapa ASB pada kegiatan Pelatihan Usaha Bina UMKM di Desa Kalipelus, Kebonagung, Pacitan Kamis, (14/1) kemarin.

Anggota DPRD Pacitan, Arif Setia Budi mendorong para pemuda di pedesaan memaksimalkan potensi desa melalui inovasi dan kreativitas. Baginya, pemuda harus bisa menjadi motor penggerak perekonomian di wilayah pedesaan.

“Pada kenyataannya pandemi ini tidak hanya menyasar sektor-sektor perekomonian nasional. Meskipun skalanya kecil dibanding dampak wilayah perkotaan, masyarakat desa turut merasakan imbasnya,” kata pria yang akrab disapa ASB tersebut.

“Untuk itu saya sangat berharap para pemuda khususnya di Desa Kalipelus ini berperan aktif secara kolektif untuk setidaknya mengurangi dampak pandemi pada sektor ekonomi saat ini,” imbuhnya.

Peran pemuda kata ASB cukup penting sebagai jawaban atas ketidakpastian kapan pandemi akan berakhir. Sehingga pemuda harus terus berdaya dalam persaingan ekonomi yang makin keras.

“Pemuda jadi salah satu aktor penting dalam menggagas dan mengeksekusi ide-ide kreatif untuk mengentaskan persoalan penurunan ekonomi di tengah masyarakat akibat pandemi. Dunia ini sudah terlalu keras pada kehidupan, kalau kita tidak keras memperjuangkan cita-cita maka kesuksesan tidak akan datang tiba-tiba” jelasnya.

Politisi Partai Demokrat itu memotivasi para pemuda desa untuk terus berkarya meskipun diselimuti banyak keterbatasan. Tiap usaha katanya punya resiko yang harus tetap dihadapi

“Kita tidak boleh pesimis. Apapun situasinya para pemuda harus terus berkarya dan selalu berpikir positif. Kegagalan itu sebagai tahapan menuju tangga kesuksesan. Terpenting, terus berusaha, jangan gengsi dan malu, belajar pada pengalaman serta yakinlah pada saatnya nanti akan menuai buah dari kerja keras kita,” tandas ASB.

Artikel ini telah dibaca 84 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Bupati Turun ke Jalan Bersama Wartawan, Bagikan Bunga Peringati Hari Pers Nasional

9 Februari 2023 - 13:15 WIB

Buntut Unggahan Viral Yang Diduga Melecehkan, Persatuan Perangkat dan Kepala Desa Ancam Polisikan Oknum Guru di Pacitan

30 Januari 2023 - 12:34 WIB

Mantan Sekda Pacitan Dituntut 2 Tahun Penjara

20 Januari 2023 - 21:18 WIB

Tak Tahu Tempat, Emak-emak Nekad Senam di Area Masjid Apung, Berujung Minta Maaf

19 Januari 2023 - 23:18 WIB

Kunjungi Pelajar Korban HP Meledak, Wabup Bakal Kaji Penggunaan Ponsel di Sekolah

19 Januari 2023 - 22:54 WIB

Cukup di Kecamatan, Kini Urus Adminduk Lebih Mudah dan Hemat

18 Januari 2023 - 21:49 WIB

Trending di Daerah