Menu

Mode Gelap
Jembatan Borang Runtuh Saat Perbaikan, 2 ASN Luka-luka Gapoktan Desa Slambur Ciptakan Pestisida Ramah Lingkungan  Senyum Bahagia Anak Yatim Penyandang Disabilitas Dapat Bantuan Kursi Roda dan Sembako dari Polres Madiun  Berangkatkan Logistik SMK PGRI 2 Ponorogo ke Cianjur, Dindik Jatim Minta Tiap Sekolah Tingkatkan Mitigasi Bencana Karang Taruna dan Puskesmas Sudimoro Terima Bantuan Mobil Bupati Aji

Ngawi · 12 Mar 2019 15:08 WIB ·

Mendikbud Kunjungi Sekolah Terdampak Banjir di Ngawi


 Mendikbud Kunjungi Sekolah Terdampak Banjir di Ngawi Perbesar

NGAWI – Bencana banjir yang menerjang kawasan Ngawi, Jawa Timur, akibat luapan Kali Madiun membuat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy pasang kuda-kuda. Terutama terkait pencegahan musibah banjir secara dini.

Muhadjir bakal memasukkan kurikulum baru tentang kebencanaan terhadap peserta didik khususnya SMP sederajat. Keterangan sang menteri tersebut disampaikan saat mengunjungi SMPN I Kwadungan yang sebelumnya terendam banjir, Selasa, (12/3/2019).

“Sesuai instruksi presiden memang akan kita masukkan kurikulum kebencanaan. Hanya saja tidak menjadi materi pelajaran cuma ada kegiatan atau pelatihan terkait mitigasi bencana,” ujar Muhadjir Effendy.

Disebutkan terkait rencana itu, Mendikbud sudah kerjasama dengan Unicef dan BNPB untuk menyusun kurikulum secara bertahap. Diharapkan dengan pendidikan mitigasi bencana setiap individu siswa lebih menjaga keseimbangan lingkungan.

“Sistem kurikulumnya menyesuaikan daerah. Kalau di Ngawi tentu tentang mitigasi bencana banjir kalau daerahnya gunung berapi tentu tentang erupsi,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Bupati Ngawi Budi Sulistyono menegaskan, pasca banjir pihaknya akan terus memantau pendidikan, fasilitas umum dan prioritasnya infrastruktur. Mengingat keberadaan di beberapa titik yang terdampak banjir akses jalannya putus perlu direhabilitasi sesuai data dari DPUPR Ngawi.

“Pasca banjir ini kita prioritaskan mengenai infrastruktur terutama jalan penghubung antar desa dan kecamatan. Kita akui banyak yang rusak tergerus banjir ini,” pungkasnya. (en*)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Polisi Gagalkan Peredaran Narkoba, Tujuh Tersangka Diamankan, 36 Kilogram Sabu dan Puluhan Ribu Ekstasi Disita

23 November 2022 - 21:08 WIB

Kecelakaan di Madiun, Mahasiswi Asal Ponorogo Meninggal di TKP 

21 November 2022 - 13:02 WIB

Komplotan Spesialis Pencurian Pikap Diringkus Polisi

18 November 2022 - 22:32 WIB

Diduga Gelapkan Dana 2,9 M, Bendahara Koperasi Kodim Pacitan Ditahan

18 November 2022 - 14:19 WIB

Ingin Lulus Ujian Praktek SIM? Jangan Khawatir, Satpas Polres Madiun Beri Pelatihan Ujian Praktek SIM Gratis 

8 November 2022 - 11:43 WIB

Pemeran Video Mesum Kebaya Merah Ditangkap Polisi

8 November 2022 - 10:49 WIB

Trending di Nasional