Daerah Pacitan Pemerintahan Pendidikan

Selasa, 4 Mei 2021 - 16:23 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Pembangunan Perpustakaan Daerah Memasuki Tahap Lelang

LINTAS7.NET, PACITAN-Sempat terkatung-katung imbas refokusing anggaran setahun silam, rencana pembangunan perpustakaan daerah akhirnya memasuki meja lelang.

Pusat baca yang menelan biaya Rp 3,4 miliar itu rencananya akan dibangun di bekas hotel Pacitan. Persis ditengah kota berhadapan langsung denga alun-alun setempat.

Plt Kepala Dinas Perpustakaan Pacitan Mahmud mengungkapkan saat ini proses pembangunan gedung dua lantai itu memasuki tahap lelang. Beberapa penawaran kontraktor mulai masuk menggarap gedung yang mulai dicanangkan 2020 lalu itu.

Rencananya pembangunan perpusda bakal dimulai pertengahan tahun ini. Pun ditargetkan rampung 2022 mendatang.

“Sekarang sudah tahap upload penawaran lelang, beberapa sudah mendaftar tapi admintrasinya belum lengkap,” papar Mahmud.

Rencananya pembangunan perpusda tersebut bersumber dana alokasi khusus (DAK). Pun, sesuai kebijakan tahun ini, alokasi anggaran itu tak tersentuh pemangkasan Covid-19. Khususnya bidang pendidikan, kesehatan serta literasi.

“Kalau tahun lalu memang kena refokusing jadi pembangunannya tidak bisa kita lakukan,” terang asisten I setkab Pacitan itu.

Belakangan budaya membaca pun literasi mulai anjlok ditinggalkan masyarakat. Mereka berbondong-bondong mencari sumber bacaan digital yang dipandang gampang diakses. Pun, emoh ketinggalan jaman, pihaknya memastikan digitalisasi literasi bakal diterapkan di perputaskaan tersebut. Disamping konsep baca indoor dan outdoor yang wacananya juga bakal dilakukan.

“Kita akan buat semenarik mungkin, menggaet penggunjung selain edukasi juga kita siapkan rekreasi seperti wifi dan fasilitas lain, semoga bermanfaat,’’ pungkas Mahmud. (SDN/IS/red)

Artikel ini telah dibaca 141 kali

Baca Lainnya