Rekapitulasi Kabupaten

- Jurnalis

Minggu, 17 Maret 2024 - 15:10 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TAHAP berikutnya pasca rekapitulasi di tingkat kecamatan, adalah rekapitulasi tingkat kabupaten. Di Pacitan, KPU Pacitan mengagendakan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu Tahun 2024 tingkat kabupaten mulai Rabu (28/2) hingga Jumat (1/3). Digelar secara maraton selama tiga hari. Bahkan melewati bulan Februari-Maret.

Sebelum digelar, pada Senin (26/2), dilakukan rakor persiapan tahapan krusial tersebut bersama seluruh anggota Bawaslu Pacitan, PPK dan Panwascam se-Pacitan. Momen ini sekaligus penyamaan persepsi dan evaluasi pasca rekapitulasi di tingkat kecamatan. Harapannya, tidak banyak perbedaan pandangan ketika proses rekapitulasi di tingkat kabupaten dilakukan.

Sedangkan Selasa (27/2) pagi, saya bersama ketua dan divisi perencanaan data dan informasi, berkoordinasi dengan bupati Pacitan. Kesempatan ini sekaligus penyampaian undangan kepada bupati untuk dapat hadir dan memberikan sambutan saat prosesi pembukaan rekapitulasi tingkat kabupaten.

Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu Tahun 2024 tingkat Kabupaten Pacitan, resmi dimulai Rabu (28/2). Bupati bersama jajaran forkopimda, kepala dinas/instansi terkait, Bawaslu, saksi, pemantau hingga kalangan media, hadir secara langsung. Pun seluruh teman-teman PPK dan Panwascam se-Pacitan.

Acara yang dipusatkan di Parai Teleng Ria ini, cukup meriah pembukaannya. Diawali sambutan Ketua KPU Pacitan yang melaporkan pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 di Pacitan hingga pencapaian angka partisipasi masyarakat yang mencapai 78 persen. Dilanjut dengan sambutan Ketua Bawaslu Pacitan Syamsul Arifin dan dipungkasi dengan sambutan bupati Pacitan.

Dalam sambutannya, bupati Indrata Nur Bayuaji menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak terkait atas penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 di Pacitan yang berlangsung sukses. Mulai dari penyelenggaranya, hingga unsur pengamanannya.

Baca Juga :  Pelantikan 13.020 KPPS

Acara dilanjutkan dengan pemukulan palu tiga kali oleh ketua KPU Pacitan. Tanda dimulainya rapat pleno terbuka dan dibuka untuk umum. Dilanjutkan dengan pembacaan hasil rekapitulasi tingkat kecamatan. Pada hari pertama tersebut, dibacakan hasil rekapitulasi dari Kecamatan Punung, Sudimoro, Kebonagung, Ngadirojo dan berakhir dari Kecamatan Arjosari.

Pada hari kedua, Kamis (29/2), tujuh kecamatan membacakan hasil rekapitulasinya secara estafet. Diawali pagi hari dari Kecamatan Bandar, Nawangan, Donorojo, Pringkuku, Tegalombo, Tulakan dan berakhir dengan pembacaan dari Kecamatan Pacitan.

Kecamatan Pacitan memungkasi seluruh rangkaian pembacaan rekapitulasi tingkat kecamatan. Lengkap 12 kecamatan se-Pacitan. Acara dilanjutkan dengan pencermatan dan finalisasi data hasil rekapitulasi tingkat kabupaten antara KPU Pacitan, Bawaslu Pacitan dan seluruh saksi yang hadir. Dilakukan hingga pergantian hari. Alias Jumat (1/3) dini hari.

Jumat paginya, dilakukan pencetakan dokumen hasil rekapitulasi tingkat kabupaten. Dengan jumlah ribuan lembar, D.Hasil tingkat kabupaten pun digandakan. Setelah itu, dilanjutkan dengan proses penandatanganan dari saksi dan seluruh anggota KPU Pacitan. Di sela-sela penandatanganan ribuan lembar dokumen tersebut, hadirin disuguhkan dengan hiburan elekton.

Beberapa saksi terlihat bergantian menunjukkan bakat menyanyinya. Momen ini sekaligus mencairkan suasana usai dua hari maraton mencermati hasil Pemilu Tahun 2024 di Pacitan. Suasana keakraban terbangun. Hingga bakda Asar, seluruh dokumen D.Hasil tingkat kabupaten tersebut dapat diterimakan kepada pihak-pihak terkait: saksi dan Bawaslu Pacitan.

Selain itu, hasil dari rapat pleno terbuka ini, juga ditetapkan Keputusan KPU Pacitan tentang penetapan hasil Pemilu DPRD Kabupaten Pacitan Tahun 2024. Seperti apa hasilnya? Anda dapat men-download melalui website resmi KPU Pacitan pada tautan berikut: https://kab-pacitan.kpu.go.id/berita/baca/8234/pengumuman-keputusan-kpu-kabupaten-pacitan-nomor-618-tahun-2024-tentang-penetapan-hasil-pemilihan-umum-anggota-dprd-kabupaten-pacitan-tahun-2024.

Baca Juga :  Agenda Padat Sepekan

Keesokan harinya, Sabtu (2/3), dokumen D.Hasil tingkat kabupaten tersebut, diantarkan langsung ke KPU Provinsi Jawa Timur. Dokumen tersebut adalah D.Hasil untuk Pemilu Anggota DPR RI, Pemilu Anggota DPD dan Pemilu Anggota DPRD Provinsi. Dimasukkan dalam boks kontainer tersegel penuh.

Prosesi pengantaran dokumen ini keren menurut saya. Dilakukan dengan kendaraan beriringan. Paling depan ada sedan Patwal dari Satlantas Polres Pacitan. Di belakangnya ada mobil pengangkut dokumen D.Hasil tingkat kabupaten, yang ditumpangi ketua KPU Pacitan beserta jajaran sekretariat dan perwakilan Polres Pacitan. Di urutan ketiga ada kendaraan Bawaslu Pacitan. Urutan keempat ada kendaraan yang saya tumpangi bersama komisioner KPU Pacitan lainnya, urutan kelima mobil Sekretaris KPU Pacitan dan di ujung belakang ada kendaraan Patroli Reaksi Cepat Polres Pacitan.

Sejak dari kantor KPU Pacitan hingga kantor KPU Jawa Timur, iring-iringan tersebut dilakukan. Sepanjang perjalanan juga dibunyikan sirine kendaraan prioritas. Keren sekali!

Setelah diterima di KPU Jawa Timur dan dipastikan terkirim dengan aman, kami kembali ke Pacitan. Ketua KPU Pacitan bersama divisi teknis penyelenggaraan dan divisi perencanaan data dan informasi, tinggal di Surabaya untuk melanjutkan agenda berikutnya. Sedangkan saya bersama divisi sosdiklih parmas dan SDM dan rombongan subbagian Tekmas, kembali ke Pacitan. Dan lagi-lagi, kami pulang ke Pacitan dengan pengawalan penuh dari jajaran Polres Pacitan. (*)

 

Tulisan ke-84/Edisi 26 Februari 2024 – 3 Maret 2024

Berita Terkait

Rekapitulasi Kecamatan
Akhirnya 14 Februari 2024
Masa Tenang
Kesiapan Hadapi PHPU
Pelantikan 13.020 KPPS
Asistensi Produk Hukum
Libatkan 200 Masyarakat
Jumat Padat

Berita Terkait

Minggu, 17 Maret 2024 - 15:10 WIB

Rekapitulasi Kabupaten

Minggu, 17 Maret 2024 - 15:08 WIB

Rekapitulasi Kecamatan

Minggu, 17 Maret 2024 - 15:08 WIB

Akhirnya 14 Februari 2024

Minggu, 17 Maret 2024 - 15:05 WIB

Masa Tenang

Minggu, 17 Maret 2024 - 15:04 WIB

Kesiapan Hadapi PHPU

Sabtu, 16 Maret 2024 - 03:09 WIB

Pelantikan 13.020 KPPS

Sabtu, 16 Maret 2024 - 03:05 WIB

Asistensi Produk Hukum

Sabtu, 16 Maret 2024 - 03:02 WIB

Libatkan 200 Masyarakat

Berita Terbaru