Menu

Mode Gelap
Konsumsi dan Edarkan Sabu, Pasutri Ini Harus Berpisah dengan Anak Balita Demi Pesta Miras, Pria Madiun Perdaya dan Kuras Uang Tabungan Kekasihnya Jembatan Borang Runtuh Saat Perbaikan, 2 ASN Luka-luka Gapoktan Desa Slambur Ciptakan Pestisida Ramah Lingkungan  Senyum Bahagia Anak Yatim Penyandang Disabilitas Dapat Bantuan Kursi Roda dan Sembako dari Polres Madiun 

Headline · 17 Des 2018 14:05 WIB ·

SWS Ingin Bangun UMKM dari Desa


 Caleg Partai Gerindra Kabupaten Magetan Nomor Urut 3-Dapil IV, Sang Widi Subroto ST (SWS) Perbesar

Caleg Partai Gerindra Kabupaten Magetan Nomor Urut 3-Dapil IV, Sang Widi Subroto ST (SWS)

MAGETAN – Pemberdayaan masyarakat menjadi tolak ukur kemajuan daerah. Visi dan misi yang jelas diusung oleh Caleg Partai Gerindra Kabupaten Magetan Nomor Urut 3-Dapil IV, Sang Widhi Subroto ST (SWS).

Politisi dengan Dapil Maospati, Sukomoro dan Bendo ini mengatakan, ingin menjalankan falsafah Jawa dalam hidup yaitu Urip Iku Kudu Urup (hidup itu harus memberi manfaat). Beberapa hal yang menjadi sasarannya adalah memberdayakan Usaha Menengah Kecil Mikro ( UMKM).

“Keberadaan pengusaha kecil di Kabupaten Magetan menjadi Soko Guru perekonomian masyarakat pedesaan. Keberadaan pedagang kecil ini turuti berkontribusi menggerakkan roda ekonomi, utamanya dari tingkat desa,” katanya, Senin (17/12).

Alumni SMPN 1 Maospati ini menjelaskan, eksistensi pedagang kecil dan bakulan menjadi salah satu faktor mengurangi. Selama ini banyak yang meninggalkan desa,karena merasa peluang kerja kecil. “Konsepnya jangan menjadi pencari kerja, namun pencipta lapangan kerja,” sambung Sang Widhi Subroto yang juga seorang entrepreneurship muda asal Magetan ini.

SWS mengurai, efek domino dari penguatan UMKM di desa cukup besar. Mereka bisa memberi kontribusi signifikan dalam mengakselerasi dan menyumbang tingkat pertumbuhan ekonomi Kabupaten Magetan. “Jadi, saya menjadi anggota legislatif Kabupaten Magetan ingin fokus menggarap sektor UMKM baik melalui skenario bantuan modal maupun dana bergulir yang dialokasi lewat dana aspirasi,” imbuhnya.

Diakuinya, paradigma berpikir jika di desa hanya soal pertanian dan peternakan itu harus ditambah. Ada sektor lain yang bisa dipacu. Sehingga penguatan ekonomi berjalan dari desa. “Kalau desa ini kuat, ya kondisi ekonomi di Kabupaten Magetan ikut kuat,” tegasnya.

Lebih jauh, SWS mengurai, luasan lahan pertanian di Magetan masih luas dan memiliki prospek untuk dikembangkan. UMKM dari desa mulai memetakan potensi pertanian tersebut bisa diolah. “Desa ini kan sebenarnya memiliki Bumdes. Produk UMKM bisa kita titip di Bumdes,” ucapnya.

Politisi muda yang energik ini menegaskan, eksistensi pedagang kecil dan bakulan dalam memajukan kesejahteraan masyarakat desa cukup penting. Desa yang berdaya saing akan memacu anak mudanya bertahan. “Ya, kalau desanya berkembang pesat, saya pikir anak muda akan tertarik untuk menekuni UMKM sesuai potensi desanya,” bebernya. “Yang diperlukan ada contoh dan bukti,” sambungnya.

SWS menyebut, pemberdayaan UMKM ini tentu tak sembarangan. Menyesuaikan dengan latar belakang atau minat dari masyarakat. Setelah jelas, diberikan bantuan modal serta peningkatan manajemen. “Jangan yang biasa mengolah jagung, kita beri bantuan mengolah ikan. Ini tidak nyambung, sesuaikan dengan kebiasaannya,” tegasnya.

SWS menambahkan, pemberdayaan UMKM dari desa ini akan banyak mencari bibit anak muda potensial. Harapannya, supaya nafas panjang pemberdayaan masyarakat berjalan masif. Dan biasanya sesama anak muda lebih cepat menularkan kemampuan. “Anak muda ini lebih energik dan memiliki gagasan visioner. Ditunjang pemahaman teknologi mereka rata-rata bagus,” tukasnya. (rd)

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Ratusan Warga Daftar PPK Pemilu 2024

27 November 2022 - 20:18 WIB

Alokasi Kursi Dua Dapil di Pacitan Berubah

25 November 2022 - 15:42 WIB

Pertemuan Anies dan 3 Partai, Demokrat : Kami Makin Solid

20 November 2022 - 12:33 WIB

Siswa SMK Penerbangan Angkasa Lanud Iswahjudi Siap Raih Prestasi di AMSO 2022

16 November 2022 - 09:23 WIB

“Ruwat Jagad” Doa Untuk Bumi, Sarana Intropeksi Keberlangsungan Alam Semesta dari Pacitan

5 November 2022 - 10:18 WIB

Deklarasi Dukungan Prabowo Subianto Presiden Terus Mengalir

24 Oktober 2022 - 07:28 WIB

Trending di Daerah