Menu

Mode Gelap
Jembatan Borang Runtuh Saat Perbaikan, 2 ASN Luka-luka Gapoktan Desa Slambur Ciptakan Pestisida Ramah Lingkungan  Senyum Bahagia Anak Yatim Penyandang Disabilitas Dapat Bantuan Kursi Roda dan Sembako dari Polres Madiun  Berangkatkan Logistik SMK PGRI 2 Ponorogo ke Cianjur, Dindik Jatim Minta Tiap Sekolah Tingkatkan Mitigasi Bencana Karang Taruna dan Puskesmas Sudimoro Terima Bantuan Mobil Bupati Aji

Ngawi · 4 Apr 2019 15:45 WIB ·

Alasan Belum Diterapkannya Larangan Merokok Sambil Berkendara di Ngawi


 Alasan Belum Diterapkannya Larangan Merokok Sambil Berkendara di Ngawi Perbesar

NGAWI. Seperti diketahui penindakan terhadap orang yang merokok sambil berkendara sudah mulai dilakukan. Ditlantas Polda Metro Jaya misalnya, pernah menilang sebanyak 652 orang dalam satu hari, karena merokok sambil berkendara.

Dasar hukumnya adalah terbitnya Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 12 tahun 2019, tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat.

“Pengemudi dilarang merokok dan melakukan aktifitas lain yang mengganggu konsentrasi ketika sedang mengendarai sepeda motor”.

Peraturan Menteri tersebut mulai diterbitkan dan berlaku sejak 11 Maret 2019. Meski begitu, rupanya belum semua daerah mulai menerapkan aturan ini, misalnya di Ngawi Jawa Timur. Alasannya polisi masih melakukan sosialisasi terhadap larangan tersebut secara door to door.

“Sesuai petunjuk dari Polda Jatim kita masih sosialisasikan aturan itu. Alasannya sebagian besar masyarakat kita belum memahami,” terang Kasatlantas Polres Ngawi AKP Yanto Mulyanto, Kamis, (04/04/2019).

Sosialisasi yang dilakukan menyasar ke organisasi maupun non organisasi di masyarakat termasuk di kampus maupun ke paguyuban ojek. Dipastikan kata Kasatlantas Polres Ngawi peraturan itu efektik diterapkan pada awal Mei 2019. (eni*)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Forkopimda Jatim Dampingi Presiden RI Resmikan Pasar Besar Ngawi

18 Desember 2021 - 00:01 WIB

Babak Penentu, Persepon Ungguli Persekama 2-1

18 November 2021 - 15:39 WIB

Kades Bicara SDGs Minta Sebagai Leadership Pembangunan Nasional NGAWI. Desa merupakan

10 Mei 2021 - 13:42 WIB

Peduli Sesama, Dharma Wanita Kantor Imigrasi Madiun Bagikan Sembako dan Mukena

8 Mei 2021 - 14:44 WIB

Di Madiun, Penyekatan Pemudik Dilakukan Di Tiga Titik Berikut Ini

4 Mei 2021 - 14:04 WIB

Urus Izin Tinggal Makin Mudah, Ada Aplikasi PECEL PINCUK JOSS, Inovasi Terbaru Kantor Imigrasi Madiun

1 Mei 2021 - 21:17 WIB

Trending di Daerah