Menu

Mode Gelap
Tergiur Untung 50 Ribu per Gram, Pemuda di Madiun Nekat Edarkan Narkoba Pemkab Madiun Launching SOP Tatalaksana Deteksi Dini Kasus Stunting Pohon Pisang ini Ditanam di Tengah Jalan, Bentuk Protes? Motor Tabrak Truk Parkir di Madiun, Satu Orang Meninggal Tak Tahu Tempat, Emak-emak Nekad Senam di Area Masjid Apung, Berujung Minta Maaf

Ngawi · 4 Apr 2019 12:55 WIB ·

Rehab Pasar Besar Ngawi, Pemkab Siapkan Rp 18 Miliar


 Rehab Pasar Besar Ngawi, Pemkab Siapkan Rp 18 Miliar Perbesar

NGAWI – Rencana rehabilitasi Pasar Besar Ngawi yang digulirkan pemerintah daerah setempat (Pemkab Ngawi-red) dipastikan berjalan terus.

Kabid Tata Ruang dan Tata Bangunan DPUTR Ngawi, Noor Hasan menjelaskan saat ini pihaknya sudah menyampaikan perencanaan Detail Engineering Design (DED) ke ULP untuk dikaji lebih lanjut.

“Nanti hasil evaluasi ULP tersebut menjadi bahan acuan kita untuk tender pengadaan jasa konsultan DED dari pasar itu. Prosesnya terus berjalan dan semuanya sudah dipersiapkan,” terang Noor Hasan, Kamis, (4/4/2019).

Soal estimasi anggaran yang dipergunakan untuk rehabilitasi pasar bersumber dari APBD Kabupaten Ngawi 2020 dipastikan sebesar Rp 18 Miliar. Sesuai perhitungan teknis, dana tersebut akan dimanfaatkan pada rehabilitasi induk pasar dan beberapa fasilitas lain, terutama area parkir.

Sementara, rencana Pemkab Ngawi merehabilitasi Pasar Besar Ngawi sudah sampai ke telinga pedagang. Meskipun baru akan direalisasikan tahun depan, rencana tersebut sudah jadi bahan perbincangan di kalangan pedagang. Sebagian besar berharap rehabilitasi tidak berimbas pada penurunan omset penjualan pedagang.

Rencananya, selama rehabilitasi, pedagang akan direlokasi. Dari hasil pertemuan antara paguyuban pedagang dan Pemkab, ada beberapa opsi lokasi. Yakni, kawasan Terminal Kertonegoro, Kepatihan dan sekitar Pasar Ngawi.

Kondisi Pasar Besar Ngawi saat ini dinilai perlu segera ada perbaikan. Karena sejak dibangun tahun 1991 lalu belum ada rehabilitasi sama sekali. Pemkab Ngawi berencana memperbaiki sejumlah infrastruktur di pasar. Sehingga bisa mendongkrak perekonomian masyarakat.

Soal harapan masyarakat terkait rehabilitasi dan relokasi sementara Pasar Besar Ngawi, Bupati Ngawi Budi Sulistyono menyatakan bahwa hal itu baru sebatas wacana. Jika tahun depan rencana tersebut bakal direalisasikan, Pemkab Ngawi akan mencari solusi terbaik bagi pedagang.

“Memang kami mempunyai rencana untuk pembangunan Pasar Besar Ngawi. Apapun keputusannya kami akan memprioritaskan pedagang sehingga tidak menimbulkan keresahan,” ujar Bupati Ngawi. (eni/ant)

Artikel ini telah dibaca 156 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Pemkab Pacitan Gandeng Alfamart Latih 50 Pelaku UMKM Ilmu Manajemen Ritel dan Kurasi Produk

16 Juli 2022 - 00:23 WIB

Rugikan Negara, Pemerintahan Sugiri Sancoko Berkomitmen Berantas Peredaran Rokok Ilegal

11 April 2022 - 20:09 WIB

Forkopimda Jatim Dampingi Presiden RI Resmikan Pasar Besar Ngawi

18 Desember 2021 - 00:01 WIB

Babak Penentu, Persepon Ungguli Persekama 2-1

18 November 2021 - 15:39 WIB

Stok Menumpuk, Belasan Peternak Ayam Petelur Gelar Dagangan di Kawasan Alun alun

27 September 2021 - 10:42 WIB

Ke Ponorogo, Walikota Surabaya Bahas Kerjasama Beras

25 September 2021 - 14:49 WIB

Trending di Daerah