Menu

Mode Gelap
Jembatan Borang Runtuh Saat Perbaikan, 2 ASN Luka-luka Gapoktan Desa Slambur Ciptakan Pestisida Ramah Lingkungan  Senyum Bahagia Anak Yatim Penyandang Disabilitas Dapat Bantuan Kursi Roda dan Sembako dari Polres Madiun  Berangkatkan Logistik SMK PGRI 2 Ponorogo ke Cianjur, Dindik Jatim Minta Tiap Sekolah Tingkatkan Mitigasi Bencana Karang Taruna dan Puskesmas Sudimoro Terima Bantuan Mobil Bupati Aji

Ngawi · 10 Mar 2019 13:23 WIB ·

Sawah Terendam Banjir, Ribuan Petani Merugi


 Sawah Terendam Banjir, Ribuan Petani Merugi Perbesar

NGAWI – Bencana banjiryang melanda wilayah Ngawi, Jawa Timur selama empat hari ini menyisakan duka tersendiri bagi petani. Tercatat sesuai data dari Dinas Pertanian (Disperta) Ngawi ada 1.016 hektar lahan sawah terendam banjir yang tersebar di 26 desa dari 6 kecamatan. Akibatnya 3.746 petani siap-siap merugi lantaran tanaman padi yang siap panen terancam membusuk.

Rata-rata usia tanam memasuki 80-90 hari yang tersebar di tiga kecamatan baik Kwadungan, Geneng dan Ngawi Kota. Seperti halnya di Kwadungan dari 8 desa terpaksa mempercepat masa panen. Pemandangan seperti itu bisa dilihat di beberapa desa antara lain Purwosari, Dinden, Kendung, Simo, Tirak, Sumengko, Pojok dan Mojomanis.

“Iya terpaksa kita panen dengan resiko basah seperti ini daripada membusuk. Tetapi kita juga bingung setelah sampai rumah mau dijemur dimana sedangkan banjir masih terjadi,” ungkap Sutikno petani asal Desa Purwosari, Kecamatan Kwadungan, Ngawi, Jum’at, (09/03/2019).

Sedangkan di Kecamatan Geneng terparah di Desa Kasreman hampir 200 hektar lahan sawah terendam. Padahal wilayah ini belum memasuki masa panen dengan usia berkisar antara 70-80 hari. Dampaknya pun jelas, jika banjir tidak lekas surut potensi gagal panen didepan mata. Para petani pun dibuat pasrah.

“Memang ada padi yang sudah menguning terpaksa dipanen awal padahal belum waktunya dengan resiko harganya nanti anjlok daripada membusuk. Namun juga ada yang lebih parah dibiarkan begitu saja karena memang belum bisa dipanen,” ungkapnya. (en*/ant)

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Forkopimda Jatim Dampingi Presiden RI Resmikan Pasar Besar Ngawi

18 Desember 2021 - 00:01 WIB

Babak Penentu, Persepon Ungguli Persekama 2-1

18 November 2021 - 15:39 WIB

Kades Bicara SDGs Minta Sebagai Leadership Pembangunan Nasional NGAWI. Desa merupakan

10 Mei 2021 - 13:42 WIB

Peduli Sesama, Dharma Wanita Kantor Imigrasi Madiun Bagikan Sembako dan Mukena

8 Mei 2021 - 14:44 WIB

Di Madiun, Penyekatan Pemudik Dilakukan Di Tiga Titik Berikut Ini

4 Mei 2021 - 14:04 WIB

Urus Izin Tinggal Makin Mudah, Ada Aplikasi PECEL PINCUK JOSS, Inovasi Terbaru Kantor Imigrasi Madiun

1 Mei 2021 - 21:17 WIB

Trending di Daerah