Menu

Mode Gelap
Konsumsi dan Edarkan Sabu, Pasutri Ini Harus Berpisah dengan Anak Balita Demi Pesta Miras, Pria Madiun Perdaya dan Kuras Uang Tabungan Kekasihnya Jembatan Borang Runtuh Saat Perbaikan, 2 ASN Luka-luka Gapoktan Desa Slambur Ciptakan Pestisida Ramah Lingkungan  Senyum Bahagia Anak Yatim Penyandang Disabilitas Dapat Bantuan Kursi Roda dan Sembako dari Polres Madiun 

Pemerintahan · 3 Nov 2018 00:26 WIB ·

Berani Bersaing, Pemkab Seriusi Promosi Batik Banyubiru


 Batik desa Banyubiru, Kecamatan Widodaren Ngawi mendapatkan kunjungan (foto kampoengngawi) Perbesar

Batik desa Banyubiru, Kecamatan Widodaren Ngawi mendapatkan kunjungan (foto kampoengngawi)

SINAR NGAWI – Ngawi-Terkenal dengan adanya pengrajin batik tulis, Desa Banyubiru, Kecamatan Widodaren Ngawi, pihak Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Tenaga Kerja, melalui keterangan Sri wiyanti Kabid Kabid Perindustrian Dinas Perdagangan, berharap, dengan adanya pelatihan ini diharapkan bisa mendongkrak produksi baik secara kualitas maupun kuantitas.

“Batik khas Ngawi sudah waktunya untuk diproduksi maupun dipasarkan secara modern, karena untuk macam dan pola batik khas Ngawi sudah didukung oleh kekayaan alam, sosial budaya maupun sejarah,” terang dia.

Tambahnya, untuk pemasaran juga sudah waktunya melakukan perdagangan elektronik (e-Commerce), guna menjangkau konsumen yang lebih mengglobal dalam masa perkembangan dunia digital maupun dalam rangka menghadapi pasar bebas mendatang.

“Jadi dengan demikian selain kedepan diharapkan ada peningkatan secara ekonomi, juga budaya kearifan lokal bisa dinikmati secara luas,” terangnya lagi.

Untuk Desa Banyubiru, Kecamatan Widodaren Ngawi juga mulai menggeliat dengan produksi palawija baik berupa jagung, kacang tanah dan kedelai.

Kundari, Kades setempat beberapa waktu yang lalu menuturkan, bahwa perkembangan produksi batik dari tahun ketahun mengalami peningkatan, meski sebagian warga desa masih mengandalkan sektor pertanian padi.

“Dengan adanya perhaitain dari pemerintah (Disperindagnaker), berupa pelatihan batik ini semoga ada manfaat yang luar biasa, sehingga desa kami bisa menjadi salah satu sentra batik tulis di Ngawi,” terangnya.(ADV Disperindagnaker)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Target Vaksinasi Booster Mbleset

26 Agustus 2022 - 19:35 WIB

Kang Giri Dorong Pemanfaatan Medsos Promosikan Potensi Desa

26 Agustus 2022 - 11:08 WIB

Kolaborasi Penari Bujang Ganong dan Sufi Pecahkan Rekor Muri

9 Agustus 2022 - 20:40 WIB

Dinas PUPR Dinilai Lambat, Belum Siap Kerja Cepat

28 Juli 2022 - 17:00 WIB

Grebeg Suro Jadi Awal Kebangkitan UMKM

21 Juli 2022 - 21:47 WIB

Profesional Mengabdi Tanpa Batas

13 Juli 2022 - 11:14 WIB

Trending di Nasional