Menu

Mode Gelap
Konsumsi dan Edarkan Sabu, Pasutri Ini Harus Berpisah dengan Anak Balita Demi Pesta Miras, Pria Madiun Perdaya dan Kuras Uang Tabungan Kekasihnya Jembatan Borang Runtuh Saat Perbaikan, 2 ASN Luka-luka Gapoktan Desa Slambur Ciptakan Pestisida Ramah Lingkungan  Senyum Bahagia Anak Yatim Penyandang Disabilitas Dapat Bantuan Kursi Roda dan Sembako dari Polres Madiun 

Ngawi · 2 Okt 2020 11:20 WIB ·

Dispora Ingin Ngawi Jadi Sentra Batik


 Dispora Ingin Ngawi Jadi Sentra Batik Perbesar

LINTAS7.NET, NGAWI – Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat berbasis UMKM kini melalui besutan Dispora Ngawi Bidang Ekraf menggelar pelatihan batik di Desa Sambiroto, Kecamatan Padas melibatkan puluhan warga setempat. Yoyok Sulistiyanto Kabid Ekraf Dispora Ngawi menjelaskan, pada prinsipnya pelatihan batik yang diikuti 30 warga tersebut untuk meningkatkan skill dan teknik membatik.

“Jelas muaranya mengurangi pengangguran namun pada dasarnya membatik di Ngawi ini perlu sentuhan dari kita dengan memberikan ilmu tentang batik itu sendiri,” ungkap Yoyok, Jum’at, (2/10).

Selain itu kata Yoyok, dengan pelatihan batik diharapkan mampu memberikan satu inovasi terkait batik lokal Ngawi sekaligus strategi untuk mendongkrak menuju pasar nasional. Kali ini dengan melihat keberadaan rumah produksi batik ‘Enjang Pelangi’ di Desa Sambiroto memang dibutuhkan sentuhan khsusus.

Ditempat yang sama Raden Rudi Sulisdiana Kepala Dispora Ngawi membenarkan, pihaknya menginginkan keberadaan batik khas Ngawi harus di explorasi secara berjenjang dengan pola manajemen yang baik. Semuanya itu agar keberadaan batik Ngawi bisa menjadi ikon khas daerah yang selama ini kurang diminati warga masyarakat. Dan mampu berkompetisi di pasar global.

“Sangat bermimpi bagaimana batik Ngawi yang salah satunya dari Sambiroto ini bisa bersaing di pasar global. Tentunya harus diikuti dengan mutu sesuai coraknya maka pelatihan ini bisa belajar bareng meningkatkan kwalitas membatik,” pungkas Rudi. (pr/ant)

Artikel ini telah dibaca 106 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Forkopimda Jatim Dampingi Presiden RI Resmikan Pasar Besar Ngawi

18 Desember 2021 - 00:01 WIB

Babak Penentu, Persepon Ungguli Persekama 2-1

18 November 2021 - 15:39 WIB

Kades Bicara SDGs Minta Sebagai Leadership Pembangunan Nasional NGAWI. Desa merupakan

10 Mei 2021 - 13:42 WIB

Peduli Sesama, Dharma Wanita Kantor Imigrasi Madiun Bagikan Sembako dan Mukena

8 Mei 2021 - 14:44 WIB

Di Madiun, Penyekatan Pemudik Dilakukan Di Tiga Titik Berikut Ini

4 Mei 2021 - 14:04 WIB

Urus Izin Tinggal Makin Mudah, Ada Aplikasi PECEL PINCUK JOSS, Inovasi Terbaru Kantor Imigrasi Madiun

1 Mei 2021 - 21:17 WIB

Trending di Daerah